Jabar Juara Umum Catur PON XX, Papua Susul di Runner-Up

by -
Para pecatur Papua penyumbang medali di PON XX Papua. (Foto: Humas PB PON)
Para pecatur Papua penyumbang medali di PON XX Papua. (Foto: Humas PB PON)


Merauke, fajarpapua.com – Kontingen Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum cabang olahraga catur Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang dilaksanakan di Swiss-belHotel Merauke selama 10 hari (3-13 Oktober 2021).


Total medali yang berhasil direbut kontingen catur Jawa Barat yakni 6 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Sementara tuan rumah Papua puas di tempat kedua (runner-up) dengan perolehan 2 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

banner 300250


Disusul Kalimantan Timur di tempat ketiga dengan 2 medali emas dan 1 perak.
Di tempat keempat DIY dengan 2 emas dan 1 perunggu. Sementara di posisi kelima DKI Jakarta, Banten dan Jatim masing-masing meraih 1 emas.


Dua medali emas tuan rumah Papua direbut pecatur Cerdas Barus, yang merupakan grand master catur kelas cepat perorangan terbatas dan kelas klasik perorangan terbatas.

IMG 20211013 WA0039
Pecatur Papua, Cerdas Barus menerima penyerahan medali emas. (Foto: Humas PB PON)


Sedangkan medali perak direbut Yoseph Taher, Master Internasional pada kelas catur kilat perorangan umum dan kelas perorangan klasik umum. Sementara 1 perak lainnya diraih di kelas beregu putri catur kilat klasik.


Medali perunggu direbut oleh Master Internasional, Yoseph Taher yang tampil di kelas cepat perorangan umum dan pecatur Papua lain di kelas catur klasik beregu putra.


Penyerahan medali dan penghormatan pemenang langsung diserahkan kepada masing-masing pecatur peraih medali sekaligus penutupan pertandingan, Rabu (13/10) malam.


Di cabor catur PON XX Papua, ada 3 kelas yang dipertandingkan yakni catur kilat memperebutkan 5 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.


Selanjutnya kelas catur cepat juga memperebutkan 5 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Terakhir, adalah kelas catur klasik yang juga memperebutkan 5 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.


Tim tuan rumah Papua yang awalnya menargetkan 1 medali emas berhasil melampaui target. PON XX menjadi sejarah baru bagi pecatur Papua. Sebab, dari keikutsertaan Papua di PON, baru pertama kalinya meraih medali emas. Tak tanggung-tanggung 2 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu. (Humas PB PON/hrs).

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.