BERITA UTAMAMIMIKA

Dukung Digitalisasi Pendidikan di Timika, Telkomsel Serahkan Digital Library Kios Pintar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Dukung Digitalisasi Pendidikan di Timika, Telkomsel Serahkan Digital Library Kios Pintar

Share this article
Telkomsel menyerahkan Telkomsel Digital Library KIPIN kepada SMA YPK Timika pada Selasa (18/1) pekan lalu.
Telkomsel menyerahkan Telkomsel Digital Library KIPIN kepada SMA YPK Timika pada Selasa (18/1) pekan lalu.

Timika, fajarpapua.com- Sebagai upaya mewujudkan percepatan digitalisasi pada sektor pendidikan, Telkomsel menyerahkan perangkat Digital Library KIPIN (Kios Pintar) kepada SMA YPK Timika pada Selasa (18/1) pekan lalu.

Penyerahan Digital Library KIPIN ini juga bagian dari bentuk komitmen Telkomsel untuk memberi nilai tambah dalam penyediaan materi belajar yang sesuai dengan kurikulum nasional di seluruh jenjang pendidikan melalui pemanfaatan ekosistem digital yang terintegrasi.

ads

Manager Branch Telkomsel Timika Makmur Lumban Tobing dalam rilis yang diterima fajarpapua.com, Senin (31/1) mengatakan perkembangan dunia digital sangat pesat di Indonesia, tidak terkecuali di dunia pendidikan.

“Telkomsel senantiasa berkomitmen mendukung pengembangan dunia pendidikan melalui cara digital, salah satunya dengan menghadirkan Digital Library KIPIN ini kepada SMA YPK Timika,” ujarnya.

Tren digital learning ini lanjutnya, menginspirasi Telkomsel untuk meluncurkan Platform Digital Library KIPIN (Kios Pintar), aplikasi konten pendidikan yang membantu proses belajar mengajar siswa dan guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

KIPIN ujarnya merupakan perpustakaan digital terlengkap yang memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia khususnya di area rural dan 3T (terdepan, tertinggal, terluar) go digital dalam waktu 3 menit saja.

“Langkah ini juga merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel di dunia pendidikan. Dengan adanya Digital Library KIPIN, berbagi materi pendidikan dapat menjadi lebih mudah dan efisien,” katanya.

Aplikasi KIPIN mobile sendiri urainya dapat diunduh pada platform IOS, Android, dan Windows 10 melalui smartphone, tablet maupun laptop/PC.

Sementara Kepala SMA YPK Timika Kristian Tehuayo, S.Pd. menyampaikan, terimakasih dan kebangganya atas bantuan yang diberikan oleh Telkomsel Timika.

“SMA YPK TIMIKA merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel atas Kios Pintar (KIPIN) yang telah diserahkan. Akhirnya sekolah kami terbantu untuk dapat belajar secara lebih digital melalui hadirnya KIPIN. Bersamaan dengan itu, kami tidak lagi membeli buku karena semuanya sudah tersedia melalui KIPIN,” jelasnya.

Seperti diketahui KIPIN menyediakan lebih dari 60.000 konten berupa video pengajaran, latihan soal try out, komikliterasi untuk siswa dan guru berstandar kurikulum nasional mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Selain dapat diakses secara online melalui aplikasi, KIPIN juga dapat digunakan secara offline melalui mesin yang telah terhubung dengan jaringan eduSPOT.

Untuk menggunakan ini, pengguna cukup berada dalam radius kurang lebih 10 meter dari mesin anjungan dan menghubungkannya dengan gawai pengguna. Kemudian, seluruh konten yang dimuat dalam layanan KIPIN dapat diakses serta diunduh secara gratis. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *