BERITA UTAMAJayapura

Rayakan Ulang Tahun Presiden Jokowi, Pemuda Papua Beri Kado 62 Pohon Sagu

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Rayakan Ulang Tahun Presiden Jokowi, Pemuda Papua Beri Kado 62 Pohon Sagu

Share this article
IMG 20230621 WA0045
Pemuda Peduli Sagu, Michael Yarisetouw

Jayapura, fajarpapua.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-62 tepat hari ini, Rabu (21/6).

Ucapan selamat ulang tahun datang dari Pemuda Papua bertepatan dengan peringatan Hari Sagu dan pencanangan Festival Sagu.

ads

“Kita hari ini tulis angka 62 ya, karena di hari sagu yang dicanangkan pada hari ini Presiden Jokowi berulang tahun ke-62,”kata Pemuda Peduli Sagu, Michael Yarisetouw kepada wartawan usai menanam pohon sagu di Kampung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

Dikatkan dia, pemuda Papua mempunyai ide untuk menanam bibit pohon sagu sebanyak 62 pohon sebagai bentuk ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Presiden Jokowik dari kami Pemuda Papua. “Hari adalah hari ulang tahun Presiden Joko Widodo yang terakhir sebagai seorang Presiden, karena tahun depan sudah jadi masyarakat biasa. Jadi kami Pemuda Papua kasih kado ulang tahun 62 pohon sagu pada Presiden,”ujarnya.

Michael Yarisetouw mengungkapkan, pihaknya pun telah meminta ijin kepada pemilik lahan untuk lokasi tersebut di jadikan dusun sagu Jokowi, dengan harapan 15 tahun kedepan sagu sudah bisa dipanen.

Ia mengaku, alasan iya peduli dengan sagu karena anak-anak Papua dibesarkan dari sagu.

“Kita sebagai anak Papua dari kecil makan sagu. Bahkan, kita juga makan Papeda diatas air, jadi ini kesan yang kita harus pertahankan,”tuturnya.

Menurut Michael, pertahanan negar yang kuat adalah ketahanan pangan yang baik. Selain itu, tahun lalu Presiden Jokowi sempat mencontohkan Papua memiliki hutan sagu yang cukup bagus sehingga kita harus mempertahankan pangan lokal untuk ketahanan pangan nasional agar tidak tergantung dari luar dan masyarakat Papua bisa mengkomsumsi sagu.

Lanjut dia, untuk mempertahankan sagu tersebut, pihaknya melakukan advokasi kepada pemilik dusun sagu agar tidak mengeser fungsi lahan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *