BERITA UTAMAMIMIKA

Polres Mimika Raih Penghargaan Satker Terbaik Pelaksanaan IKPA dan EPA Semester Pertama Tahun 2023

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Polres Mimika Raih Penghargaan Satker Terbaik Pelaksanaan IKPA dan EPA Semester Pertama Tahun 2023

Share this article
IMG 20230809 WA0112
Wakapolres Mimika Kompol Hermanto saat menerima penghargaan sebagai Satker terbaik dari KPPN Timika, Rabu (9/8).

ads

Timika, fajarpapua.com – Polres Mimika menerima penghargaan IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester 1 dan EPA (Evaluasi Pelaksanaan Anggaran) Semester 1 terbaik Tahun 2023 di wilayah Satuan kerja (Satker) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Timika.

Penghargaan yang diterima Wakapolres Mimika Kompol Hermanto, SH,SIK,M.H mewakili Kapolres AKPB I Gede Putra, SH,SIK,M.H tersebut dilakukan saat rapat Evaluasi Anggaran dan Penyerahan Penghargaan IKPA dan EPA di kantor KPPN Jalan Cenderawasih SP2 Timika, Rabu (9/8).

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Timika Iwan Megawan mengatakan, untuk meningkatkan nilai IKPA tahun 2023, satuan kerja dapat menyusun strategi optimalisasi IKPA seperti melakukan percepatan belanja.

Khususnya belanja barang dan modal untuk indikator penyerapan anggaran, segera melakukan pendaftaran kontrak ke KPPN. Indikator belanja kontraktual adalah tidak menunda proses penyelesaian tagihan untuk indikator penyelesaian tagihan.

Selanjutnya mengajukan UP Tunai secara rasional sesuai kebutuhan bulanan untuk indikator pengelolaan UP dan TUP, memitigasi risiko penyelesaian pekerjaan dan pembayaran untuk indikator dispensasi SPM, serta melakukan pengisian data capaian output bulanan secara akurat dan disiplin untuk indikator capaian output.

“Untuk para kuasa pengguna anggaran yang hadir bahwa kegiatan ini sangat penting sehingga diharapkan para Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Timika untuk mendengar arahan singkat sebelum penyerahan penghargaan,” katanya.

Iwan menambahkan dalam penyerapan anggran harus mengikuti langkah-langkah, antara lain pertama, meningkatkan kualitas perencanaan dan eksekusi kegiatan secara relevan dan terjadwal, serta tidak menumpuk pencairan anggaran pada akhir tahun.

Kedua, melakukan percepatan belanja, khususnya untuk belanja barang dan modal yang proses pengadaan barang dan jasanya dapat dimulai sejak awal tahun anggaran dan mengoptimalkan penyerapan anggaran secara proporsional setiap bulan berdasarkan target, rencana kegiatan, serta rencana penarikan dana yang telah disusun.

Kasihumas Polres Mimika Ipda Hempy Ona SE mengatakan, nilai IKPA semester 1 tahun 2023 berdasarkan klasifikasi PAGU besar, sedang dan kecil. Nama Satker klasifikasi PAGU DIPA diatas Rp 15 miliar yaitu Polres Mimika mendapatkan Penghargaan “TERBAIK” IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran semester 1 Tahun 2023, EPA (Evaluasi pelaksanaan Anggaran) semester 1 Tahun 2023 dengan Nilai 97,01.

“Sedangkan nomor urutan 2 adalah Satker Kerja Brigif Raider 20/IJK Divif 3 Kostrad dengan nilai 94,82 dan nomor urut 3 Pusat Statistik Kabupaten Puncak dengan nilai 94,71,” kata Hempi.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *