BERITA UTAMAMIMIKA

YPMAK Bangun Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya, Danramil Ajak Warga Manfaatkan Kesempatan Tingkatkan Ekonomi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
17
×

YPMAK Bangun Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya, Danramil Ajak Warga Manfaatkan Kesempatan Tingkatkan Ekonomi

Share this article
IMG 20230817 WA0020
Danramil Agimuga - Jita Jorgen Wenda saat menyampaikan sambutan.

Timika, fajarpapua.com – Danramil Agimuga- Jita, Kapten Jorgen Wenda menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sudah membuka peluang peningkatan ekonomi bagi masyarakat Distrik Jita dengan membangun Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya.

Menurut Danramil, keberadaan koperasi tersebut menjadi wadah yang paling tepat bagi masyarakat untuk menjual hasil baik dari pertanian, nelayan maupun produk lokal lainnya.

ads

“Kita harus saling kerjasama untuk meningkatkan ekonomi warga. Saya minta warga atur baik-baik apa yang sudah YPMAK bangun ini,” ungkap Jorgen saat menyampaikan sambutan pada acara peresmian Koperasi Mandiri Jaya di Kampung Sempan Timur, Rabu (16/8).

Ia menyatakan, pengelolaan koperasi membutuhkan sumber daya manusia yang memadai. Sehingga kepada seluruh warga Distirik Jita, Danramil berharap agar meningkatkan kualitas SDM dengan mengenyam pendidikan.

“Harus sekolah, sekolah itu penting. YPMAK sudah bangun sekolah dimana-mana, manfaatkan itu dengan baik, sekolahkan anak. Kalau sudah selesai pendidikan kembali dan bangun kampung. Koperasi ini harus dikelola masyarakat sendiri, jangan kalah bersaing dengan teman-teman luar,” ujar Danramil dihadapan Wadir Monev YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro, Wakil Direktur Grant Making Yohan Wambrauw, Ketua Badan Pengawas, Yohanis Kibak, Pastor Didimus Kosi OFM, Deputi Program Onny Wiranda, Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi Billy Korwa, Tokoh Kamoro Thomas Mutaweyau, para staf YPMAK, serta ratusan warga.

Dikemukakan, selama ini warga menjual hasil bumi kepada penampung luar dengan harga yang rendah. Sehingga dengan hadirnya Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya diharapkan hasil tangkapan maupun hasil kebun warga bisa dijual dengan harga yang mendekati harga pasaran di Timika.

“Kami memberi apresiasi yang luar biasa kepada YPMAK, ini langkah bagus yang harus dilihat sebagai kesempatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya lagi.
Lalu bagaimana tanggapan warga Jita? Ikuti berita selanjutnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *