BERITA UTAMAPAPUA

Gerebek Markas Egianus Kogoya di Nduga, TNI Tewaskan 3 Orang Anggota KKB Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Gerebek Markas Egianus Kogoya di Nduga, TNI Tewaskan 3 Orang Anggota KKB Papua

Share this article
IMG 20230903 WA0070
Puluhan barang bukti yang berhasil disita TNI dalam penggerebekan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya di Nduga.Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com- Aparat TNI pada Jumat (1/9) lalu menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Dalam penggerebekan tersebut, tiga orang anggota KKB Papua masing-masing Army Tabuni, Ganti Gwijangge, dan satu lainnya yang belum teridentifikasi dilaporkan tewas tertembak.

ads

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan saat dikonfirmasi wartawan membenarkan laporan tersebut.

Dikatakan operasi penggerebekan itu dilakukan TNI merupakan imbas dari terbunuhnya 3 warga sipil pada 16 Agustus 2023 lalu.

“Tindakan operasi kemarin adalah akibat dari terbunuhnya tiga orang masyarakat sipil oleh KKB di Batas Batu,” kata Mayjen Izak Pangemanan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/9).

Diungkapkan penggerebekan markas KKB itu dilakukan pada Jumat (1/9) di Kampung Aluguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Selain menewaskan tingga anggota KKB Papua, TNI juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti terkait kelompok pimpinan. Egianus Kogoya tersebut.

“Dari operasi ini tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti senjata, amunisi, peralatan, serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM,” ungkapnya.

Diakui dalam penggerebekan itu sempat terjadi kontak tembak yang menewaskan tiga anggota KKB bernama Army Tabuni, Ganti Gwijangge, dan satu lainnya yang belum teridentifikasi.

“Kontak tembak terjadi, sehingga mengakibatkan tiga anak buah Egianus Kogoya tewas,” jelasnya.

Menurut Izak, markas kelompok di Kampung Aluguru yang digerebek ini merupakan markas besar KKB pimpinan Egianus Kogoya. Aparat akhirnya berhasil mengambil alih markas KKB tersebut.

“Tim gabungan akhirnya berhasil menduduki Aluguru yang selama ini dikenal sebagai markas besar kelompok Egianus Kogoya,” pungkasnya. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *