BERITA UTAMAMIMIKA

Dinkes Mimika Bertekad Hentikan Penularan Malaria pada 2030

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
24
×

Dinkes Mimika Bertekad Hentikan Penularan Malaria pada 2030

Share this article
WhatsApp Image 2023 11 17 at 12.26.22 1
Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika menggelar workshop multi sektoral pengelolaan gizi buruk dan eliminasi malari di Timika pada Jumat, 17/11/2023.

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah berkomitmen memasuki eliminasi malaria  di daerah setempat pada tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Rizal Ubra di Timika, Jumat mengatakan dalam rangka menuju eliminasi malaria pada 2030 terus  dilakukan langkah di antaranya menggelar workshop multi sektoral pengelolaan gizi buruk dan eliminasi malaria.

Ads

“Jadi kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka eliminasi malaria 2023,” ucapnya.

Menurut Reynold, malaria menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit lain sehingga pihaknya berkomitmen melalui kolaborasi bersama OPD pada daerah ini.

“Target kami pada 2023 sudah eliminasi malaria, mengapa butuh waktu yang lama karena memang malaria sangat mendominasi di Mimika,” ujarnya.

Dia menjelaskan Dinkes Mimika bersama sektor kesehatan lain telah menjalankan banyak program eliminasi malaria tetapi penilaian pelayanan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih dinilai 25 persen.

“Keterlibatan OPD diharapkan dapat meningkatkan penilaian pelayanan menjadi 55 persen, disini OPD dapat berkontribusi melalui kritik dan saran untuk dikerjakan bersama,” katanya lagi.

Kepala Seksi TB Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua Silas Mabui menambahkan, kerja sama antara sektor dan pemerintah harus terus didorong guna mencapai progres program provinsi juga kabupaten yang telah diberikan.

“Kami menilai kegiatan seperti hari ini sangat penting, untuk bersama-sama kita membahas program yang akan dijalankan kedepannya,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *