BERITA UTAMAMIMIKA

Distanbun Mimika Tanam Komoditas Jagung Dilahan Seluas 500 Hektar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
58
×

Distanbun Mimika Tanam Komoditas Jagung Dilahan Seluas 500 Hektar

Share this article
8ab039de 7ff3 4860 b11e ea300edadddd
Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Alice Wanma

Timika, fajarpapua.com – Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menanam komoditas jagung di lahan seluas 500 hektar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2023.

Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice Irene Wanma di Timika, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya telah menanam jagung pada beberapa titik lokasi di daerah tersebut.

ads

“Kami mendapat bantuan bibit komoditas jagung sebanyak 8.000 ton dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Menurut Alice, lahan 500 hektar ini berada di Distrik Mimika Baru, Distrik Wania serta tersebar di Kabupaten Mimika karena pihaknya tidak memiliki lahan seluas itu pada satu lokasi.

“Karena kita tidak punya lahan seluas 500 hektar pada satu lokasi jadi kita sebar pada beberapa distrik di Mimika dan total lahan 500 hektar,” ujarnya.

Dia menjelaskan komoditas jagung yang ditanam oleh pihaknya pada setiap lahan, dipantau melalui kamera online oleh Pemerintah Pusat.

“Jadi 8.000 ton komoditas jagung ini kita sebar pada lahan-lahan yang ada sambil dipantau langsung dari Jakarta,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan peralatan pengolah komoditas jagung setelah proses panen, sehingga menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi.

“Kami menyiapkan alat perontok biji jagung dan mesin penggiling untuk mengubah jagung menjadi tepung, saat ini kita hanya tinggal menunggu musim panen,” ujarnya lagi.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *