BERITA UTAMAPAPUA

Dukung Pengembangan Wisata Papua, PLN Salurkan Bantuan Sanitasi Fasum di Sapomi Island, Biak

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
22
×

Dukung Pengembangan Wisata Papua, PLN Salurkan Bantuan Sanitasi Fasum di Sapomi Island, Biak

Share this article
IMG 20231123 WA0097
Simbolis penyerahan bantuan sanitasi fasum dan kebersihan kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Sapomi, Daniel Yarangga oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik negara (BUMN), Tedi Bharata

Biak, fajarpapua.com- Dalam rangka mendukung upaya pengembangan daerah wisata, PLN memberikan bantuan sanitasi fasilitas umum dan kebersihan di objek wisata Sapomi Island, Biak Numfor.

Bantuan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik negara (BUMN), Tedi Bharata, Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto serta jajaran manajemen lainnya.

ads

Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tersebut diberikan kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Sapomi, Daniel Yarangga.

Sanitasi fasum berupa tandon air berukuran 1.200 liter dan peralatan kebersihan yang diberikan ini merupakan bantuan kedua yang sudah disalurkan PLN untuk Kelompok Sadar Wisata Sapomi.

Sebelumnya, PLN telah memberikan bantuan pembangunan fasilitas seperti dua buah gezebo, instalasi lampu penerangan, spot foto serta papan nama lokasi yang saat ini progres pembangunannya mencapai 80 persen.

Daniel Yarangga, Ketua Kelompok Sadar pada Daerah Wisata Sapomi Island mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan oleh PT PLN (Persero) untuk mengembangkan wilayahnya sebagai daerah wisata.

Hal ini tentunya dapat memberikan pengaruh wisatawan untuk berkunjung dengan adanya fasilitas umum yang lebih lengkap dan nyaman.

“Ucapan terima kasih yang begitu mendalam saya sampaikan selaku perwakilan dari masyarakat. Lewat kehadiran bapak-bapak, kami berharap bisa mengangkat Sapomi kedepannya,” ungkap Daniel, Kamis (23/11).

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik negara (BUMN), Tedi Bharata menyampaikan bahwa dalam membuat perubahan dan kemajuan di Indonesia, memang memiliki tantangan tersendiri dengan karakteristik kepulauannya.

Peran dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi sangat penting. Komitmen untuk menjalankan amanah sesuai dengan core bisnis masing-masing perusahaan, perbaikan dalam pelayanan masyarakat, menjalankan bisnis dengan baik tentunya akan memberikan deviden yang bisa membantu pemerintah dalam menuntaskan program-program pembangunan.

“Hari ini kita berada di Biak untuk melihat event Sail Teluk Cenderawasih. Potensi baharinya cukup banyak, maka dari itu kami berharap bantuan yang diberikan PLN sebagai salah satu BUMN ini dapat meningkatkan hal tersebut. Kami juga berharap ini dapat terus dijaga keberlanjutannya sehingga dapat memberikan manfaat-manfaat lainnya. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan minta tolong agar bantuan yang sudah diberikan bisa dijaga,” papar Tedi.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah papua dan Papua Barat, Budiono menjelaskan bahwa bantuan-bantuan ini merupakan salah satu tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN, selain tugas utamanya sebagai penyedia kelistrikan untuk masyarakat. “Dengan pengembangan wisata yang bisa dimaksimalkan, kami berharap dapat mempengaruhi bergeraknya roda perekonomian di Biak yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. PLN berharap bantuan ini bisa terus dirawat dan digunakan sebagaimana mestinya,” ujar Budiono.

Selain sarana kebersihan dan sanitasi, PLN juga menyalurkan 50 paket peralatan sekolah berupa tas sekolah dan alat tulis kepada siswa SD Santo Yoseph Biak. Harapannya, bantuan tersebut dapat menambah semangat dan antusias anak-anak untuk terus belajar.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *