BERITA UTAMAMIMIKA

Meriahkan Porkab, Percasi Mimika Gelar Turnamen Catur Kelas Junior dan Senior, 116 Peserta Ambil Bagian

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
39
×

Meriahkan Porkab, Percasi Mimika Gelar Turnamen Catur Kelas Junior dan Senior, 116 Peserta Ambil Bagian

Share this article
IMG 20231130 WA0091
Suasana turnamen catur yang diselenggarakan Percasi Mimika di gedung serbaguna Hotel Kanguru, jalan Cenderawasih Timika.

ads

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika I, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pengurus Kabupaten (Pengkab) Mimika menggelar turnamen catur kelas junior dan senior.

Turnamen dimulai 30 November hingga 3 Desember 2023 di gedung serbaguna Hotel Kanguru jalan Cenderawasih Timika. Ada kategori putra dan putri dengan tiga kelas pertandingan yakni Klasik, Cepat dan Kilat yang dipimpin tiga orang wasit tingkat Nasional maupun Provinsi.

Ketua Percasi Pengkab Mimika Junaldi Samuel dalam sambutan pembukaan mengatakan, turnamen catur digelar untuk mencari bakat baru pecatur muda Mimika. Selain itu juga mencari atlet catur berbakat lain untuk menemani atlet Papua saat ini yaitu Master Nasional Muhammad Affan Al-Amin.

“Untuk kelas junior ini digelar kembali setelah 5 tahun lalu, tahun lalu kami menggelar turnamen yang sama tapi tanpa kelas junior,” katanya.

Junaldi berterima kasih kepada KONI Mimika yang telah mengadakan PORKAB Mimika I sehingga Percasi bisa kembali menggelar turnamen catur.

“Porkab dan Turnamen Catur adalah kesempatan bagi Mimika untuk menunjukan kepada dunia jika punya potensi besar dalam olahraga,”ujarnya.

Junaldi menambahkan dalam turnamen catur ini dilakukan juga sistem notasi catur atau penulisan langkah yang dilakukan dalam sebuah pertandingan.

“Ada yang bertanya kepada saya kenapa sistim notasi ini dilakukan pada hari H pertandingan? karena kami ingin atlet terbiasa dengan hal ini dan nantinya bisa mudah saat mengikuti turnamen catur tingkat nasional maupun dunia,” terangnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *