BERITA UTAMAMIMIKA

Pemda Mimika Didukung PTFI Gelar Puncak Hari AIDS Sedunia

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
112
×

Pemda Mimika Didukung PTFI Gelar Puncak Hari AIDS Sedunia

Share this article
IMG 20231202 WA0041
Berfoto bersama usai pembukaan puncak Hari AIDS Sedunia di SMK Negeri II Mimika, jalan Mapurujaya Distrik Mimika Timur (Miktim), Sabtu (2/12).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Pemda Mimika melalui Dinas Kesehatan didukung PT Freeport Indobesia (PTFI) melalui Community Health Development (CHD) menggelar puncak hari AIDS se dunia di SMK Negeri II Mimika jalan Mapurujaya, Distrik Mimika Timur (Miktim), Sabtu (2/12).

Kegiatan yang diberinama promosi perayaan dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia tersebut mengusung tema “Bergerak bersama komunitas akhiri AIDS tahun 2030”. Selain didukung PTFI, kegiatan itu juga berkolaborasi bersama multi partner pemerintah, sektor swasta, akademisi, media dan komunitas.

Adapun tujuan kegiatan puncak perayaan hari AIDS sedunia adalah kemitraan strategis multi pihak lembaga pemerintah, dunia usaha, sektor swasta, organisasi profesi, media dan komunitas menggerakkan kerjasama dalam upaya pengendalian HIV/AIDS.

Strategi lain yang masih terkait pentingnya meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV atau ODHIV dengan mengurangi stigma diskriminasi untuk kemajuan dalam mencapai eliminasi atau akhiri AIDS di tahun 2030.

Berikut, meningkatkan respon dan komitmen baik dari sisi pencegahan penanganan kasus dan promosi kesehatan secara tepadu, komprehensif dan berkesinambungan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama praperayaan puncak hari AIDS sedunia adalah AIDS Goes to School dan lomba tarian kreasi kontemporer antar sekolah, lomba lukis tema AIDS dan donor darah oleh PMI.

Mewakili Pemda, Kepala Dinkes Mimika yang diwakili Penanggung jawab program HIV AIDS Yoan Tauran dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari AIDS sedunia tahun ini sasarannya adalah pelajar dengan melakukan serangkaian kegiatan.

“Adapun yang diharapkan dalam perayaan ini adalah melalui kegiatan yang dilakukan para remaja sekolah sadar akan pentingnya kesehatan dan tanggung jawab penuh kepada orang disekitar terutama pada mereka yang hidup dalam HIV AIDS,” katanya.

Menurut dia, berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran HIV AIDS telah dilakukan, baik oleh Kementerian, lembaga swasta, lembaga masyarakat, lembaga donor maupun oleh kelompok masyarakat peduli AIDS.

“Namun demikian upaya tersebut masih perlu ditingkatkan baik dari kualitas, kuantitas, keterpaduan maupun kebersamaan,” tuturnya.

Selanjutnya Vice President Community Relations and Human Right PTFI Arnold Kayame dalam sambutannya mengatakan, PTFI mempunyai kepedulian dan akan terlibat bersama Pemda maupun komunitas yang ada untuk upaya pencegahan HIV/AIDS di Mimika, salah satunya memberikan sosialisai terkait bahaya penularan HIV/AIDS.

“Melalui CHD kami ikut terlibat dalam program-program yang sifatnya kuratif sesuai dengan area dan pekerjaan. Jadi PTFI juga selalu ada membantu Pemda bagaimana kita bisa turunkan angka HIV/AIDS ini dan sudah kita ikuti kegiatannya dari dulu,” katanya.

Puncak perayaan hari AIDS Sedunia tersebut dihadiri perwakilan Dinkes Mimika, perwakilan Disdik, perwakilan Pemdis Miktim, PTFI, pihak sponsor, Yayasan, Komunitas peduli AIDS, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta perwakilan sekolah yang ada di Distrik Miktim.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *