BERITA UTAMAJayapura

PLN Bersama Pemkab Jayapura Launching Listrik di Tiga Kampung Danau Sentani, Hadiah Natal Bagi Masyarakat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

PLN Bersama Pemkab Jayapura Launching Listrik di Tiga Kampung Danau Sentani, Hadiah Natal Bagi Masyarakat

Share this article
IMG 20231205 WA0145
Pj Bupati jayapura bersama Manager up3 pln jayapura saat melaunching listrik di kampung Atamali

Jayapura, fajarpapua.com- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Jayapura bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melakukan Launching Listrik di tiga kampung dari dua distrik yang ada di daerah setempat.

Launching listrik di Kampung Atamali, Kampung Kenshio, Distrik Sentani dan Kampung Putali, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura dihadiri oleh Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan UP3 PLN Jayapura, Yakomina Marthafina Windesiati Senandi dan Forkopimda Kabupaten Jayapura beserta Staf PLN

Ads

Lokasi tiga kampung ini sendiri diakses menggunakan perahu mesin dalam waktu tempuh kurang lebih 30 menit menyusuri Danau Sentani. PLN tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan listrik warga masyarakat Kampung Atamali, Kenshio dan Kampung Putali selama 24 jam.

Terealisasinya penyediaan tenaga listrik di tiga kampung itu, menurut Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan pelayanan penerangan kepada masyarakat, serta mewujudkan program terang di kampung.

“Saya sampaikan terima kasih kepada PLN UP3 atas sinergi yang baik yang telah memenuhi hak warga negara yakni pemenuhan kebutuhan penerangan akan listrik,”ucap Triwarno di Kampung Atamali, Selasa (5/12/2023).

Triwarno berharap dengan masuknya listrik di tiga kampung ini bisa menunjang dan membantu masyarakat seperti perekonomian, kesejahteraan masyarakat meningkat, dan juga membantu pendidikan serta membantu masyarakat untuk mengetahui akan informasi maupun hiburan lainnya. “Semoga dengan masuknya listrik di tiga kampung ini bisa membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”harap Triwarno.

Ia mengaku saat ini di wilayah Danau Sentani semua kampung sudah terang dengan listrik setelah hari ini PLN mengalirkan listrik di tiga kampung tersebut.

Ketika ditanya apakah masih ada kampung yang belum di listrik, Triwarno menuturkan, untuk sementara di distrik lain masih ada yang belum ada penerangan lampu. “Ini jadi perioritas buat kami,”tegas Triwarno.

Ia menambahkan, Pemkab Jayapura akan terus bekerjasama dengan PLN untuk menerangi kampung-kampung di wilayah Kabupaten Jayapura dan mengajak masyarakat di tiga kampung tersebut agar memelihara fasilitas listrik yang dibangun PLN tersebut.

Ditempat yang sama Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan UP3 PLN Jayapura, Yakomina Marthafina Windesiati Senandi menjelaskan PLN bersama Pemkab Jayapura bersinergi dalam melaunching listrik bisa menyala di kampung Atamali, Kampung Kenshio dan Kampung Putali dengan jumlah pelanggan puluhan.

“Pembangunan PLN di tiga kampung ini sulit karena harus melewati danau. Kita harus lakukan penanaman tiang di dasar danau. Pertama kita dulu tanam tiang, tapi tenggelam sehingga kami lakukan konstruksi dengan mengecor dan kami menarik arus dari kota dengan sistem jaringan 24 jam,”ujar Yakomina Senandi.

Ia mengungkapkan, pembanguna PLN di tiga kampung tersebut terkendala karena pembangunan melalui jalur danau dan ada beberapa hal yang harus dibahas bersama ondoafi dan kepala kampung daerah mana yang bisa ditanam tiang, sehingga pemasangan listrik bisa semua berjalan lancar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Jayapura yang telah memberikan dukungan sehingga tiga kampung bisa listrik menyala 24 jam hari ini,”tuturnya.

Yakomina Senandi menyebutkan, launching listrik masuk di 3 kampung ini sebagai hadiah natal dari PLN dan ini suatu kebanggaan dari PLN karena PLN mempunyai kewajiban menerangi kampung dan diharapkan minta aparat kampung bisa menjaga aset PLN supaya bisa terawat dan terjaga dengan baik.

Dikatakan jika masyarakat ada kendala atau gangguan listrik, masyarakat cukup melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile sesuai dengan SOP yang ada di PLN dan nanti ada petugas datang untuk memperbaikinya. “Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor PLN dengan mengeluarkan biaya transportasi. Melapor lewat PLN Mobilen titik koordinat kerusakan atau gangguan sudah terdeteksi dengan petugas PLN untuk tiba langsung dilokasi,”katanya.

Lanjut Yakomina Senandi, PLN mengucapkan terimakasih kepada warga di tiga kampung yang telah mau bekerjasama dengan PLN dan telah mempercayakan kami dalam penerangan listrik pada masyarakat. Diharapkan pelanggan dalam menggunakan listrik harus secara legal ada penyambungan maupun tambah daya informasi ke PLN.

Sementara itu, Pj Kepala Kampung Atamali, Edwin Tokoro menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Jayapura dan PLN yang telah membantu masyarakat di tiga kampung bisa menikmati listrik.

Pasalnya, selama ini masyarakat untuk mendapatkan penerangan hanya menggunakan genset maupun menggunakan aki, sehingga tidak bisa maksimal.

“Jadi apa yang telah dilakukan Pemkab Jayapura dan PLN bagi masyarakat, kami sangat senang dan tetap menjaga aset dan properti PLN dengan baik. Kami masyarakat sangat senang sudah ada listrik 24 jam,”ungkap Edwin Tokoro.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *