BERITA UTAMAMIMIKA

Kemendagri dan Pemprov Papua Tengah Fasilitasi Mandegnya Pengesahan APBD Mimika TA 2024, Wabup JR : Dipastikan Turun

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
451
×

Kemendagri dan Pemprov Papua Tengah Fasilitasi Mandegnya Pengesahan APBD Mimika TA 2024, Wabup JR : Dipastikan Turun

Share this article
IMG 20240108 WA0075
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

Timika, fajarpapua.com – APBD Pemkab Mimika tahun anggaran 2024 akan kembali dibahas oleh DPRD dan pemerintah eksekutif, Selasa 16 Januari 2024. Besarannya cukup fantastis, mencapai Rp.7,5 triliun.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), mengatakan, dipastikan besaran awal pengajuan APBD itu akan turun. Walaupun ia tidak memberikan angka pastinya.

ads

“Kemarin APBD kita usulkan Rp 7,5 triliun yang sudah diserahkan eksekutif kepada legislatif untuk ditetapkan. Saya sebagai pengawas anggaran, menilai kita (pemerintah) terlalu optimis. Saya pikir (APBD 2024) tidak akan mencapai 7,5 triliun,” ujarnya kepada media belum lama ini.

Menurutnya, mandegnya proses pengesahan APBD Pemkab Mimika telah difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan Pemprov Papua Tengah. Dari evaluasi didapati bahwa nilai APBD Mimika terlalu melambung tinggi.

“Platform anggaran yang ditetapkan kemarin itu terlalu tinggi, terlalu berlebihan, sehingga itu juga menjadi masalah. Mungkin nanti dalam penetapan (Paripurna DPRD), itu (nilai APBD) pasti akan turun,” ungkapnya.

Wabup JR juga memohon maaf kepada warga Mimika bila di tahun kemarin pengelolaan APBD tidak berjalan maksimal bagi kepentingan rakyat.

“Evaluasinya bagaimana pengeluaran kita, prediksi pendapatan kita. Kalau pendapatan kita dapat di akhir tahun, jangan kita terlalu optimis untuk mengeluarkannya. Akan menyebabkan defisit nanti,” tandasnya. (Manu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *