BERITA UTAMAMIMIKA

Tak Berdokumen Resmi, Satu Ekor Walabi Ditahan Petugas Karantina Bandara Mozes Kilangin Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
67
×

Tak Berdokumen Resmi, Satu Ekor Walabi Ditahan Petugas Karantina Bandara Mozes Kilangin Timika

Share this article
bb994fa2 4014 4143 a5fe b8ba933d06cc
Satu Ekor Walabi yang Ditahan Petugas Karantina Bandara Mozes Kilangin Timika

Timika, fajarpapua.com– Karantina Papua Tengah berhasil mengamankan satu ekor hewan walabi di Terminal Keberangkatan Bandara Mozes Kilangin, pada Sabtu (17/03). Walabi merupakan kanguru khas Papua dengan nama ilmiah Dorcopsis muelleri.

Walabi tersebut ditemukan saat petugas Avsec mencurigai adanya hewan hidup dalam barang bawaan penumpang pesawat dengan rute Timika – Nabire.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Selanjutnya, petugas Avsec bersama Polsek KP3 berkoordinasi dengan Pejabat Karantina untuk dilakukan pemeriksaan karantina. Ketika dilakukan pengecekan didapati satu ekor walabi.

“Satu ekor walabi ini kami tahan karena tidak disertai dengan surat keterangan kesehatan, dan surat dari konservasi setempat selanjutnya akan kami serahkan ke BKSDA Timika, “ kata Hermanto, selaku Pejabat Karantina Hewan yang melakukan pengawasan.

Ditempat terpisah, Kepala Balai, Ferdi menjelaskan bahwa penahanan yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dimana setiap orang yang melalulintaskan hewan, ikan dan tumbuhan ke dalam atau luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) wajib dilengkapi sertifikat karantina.

Ketentuan itu diatur dalam Pasal 33-35, Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

“Diharapkan masyarakat lebih mematuhi peraturan karantina ketika hendak melalulintaskan hewan, ikan dan tumbuhan beserta produk turunannya”, himbaunya.

Ditegaskan Karantina Papua Tengah terus menjalin sinergi dengan instansi terkait untuk mengoptimalkan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran dibidang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.(mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *