BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Ibu Muda Pemilik Warung di Timika Terjebak Aksi Penipuan yang Ngaku Anggota TNI

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Ibu Muda Pemilik Warung di Timika Terjebak Aksi Penipuan yang Ngaku Anggota TNI

Share this article

Biasanya, lanjut ayah dua anak ini, para pelaku menggunakan identitas yang membuat orang merasa percaya.

“Contohnya dalam kasus yang lagi viral saat ini, pelaku menggunakan identitas dokter dan bertugas di RSUD Mimika. Dengan identitas ini jelas akan meyakinkan korban dan lengah untuk melakukan croscek kebenaran identitas pelaku,” jelasnya.

ads

Dikatakan juga, untuk order fiktif di Mijek dalam setahun terakhir menurutnya baru terjadi dua kali.

“Namun tidak sampai merugikan driver, karena MiJek yang berbasis aplikasi ini jauh lebih aman dibanding dengan jualan di media sosial. Perlu diketahui, setiap pengguna aplikasi MiJek sudah terverifikasi sehingga identitas pemesan bisa diketahui jika terjadi tindakan diluar ketentuan,” jelasnya.

Sementara Direktur PT MiJek Transport Indo, Mustofa menegaskan, pihaknya memang sangat konsen dalam hal keamanan transaksi.

“Artinya, sebagai operator aplikasi MiJek, kami menjamin keamanan baik untuk mitra merchant yang bergabung di lapak MiJek maupun kepada mitra driver,” jelasnya.

Selain itu, jika driver atau mitra merchant menemukan transaksi yang mencurigakan atau order fiktif, perusahaan akan melakukan tracking untuk melacak pelaku.

“Kami yakin bisa meminimalisir order fiktif di aplikasi MiJek karena seluruh pengguna aplikasi terverifikasi,” tuturnya.

Terkait trik untuk menghindari kerugian order fiktif, Mustofa mengungkapkan, penjual online melalui media sosial hendaknya melakukan verifikasi berulang dan menolak setiap pemesanan pulsa telepon.

“Untuk makanan mungkin kerugian tidak bisa dihindari jika terlanjur dibeli atau dibuat, namun untuk pemesanan pulsa sebaiknya jangan dilayani,” jelasnya.

Untuk mitra driver MiJek sendiri lanjutnya, sejak awal sudah diingatkan untuk tidak melayani konsumen jika menitip pulsa.(mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *