BERITA UTAMAMIMIKA

Tahun 2020, Angka Sebaran Kasus Malaria di Mimika Berkisar 240/1.000 Penduduk

pngtree vector tick icon png image 1025736
11
×

Tahun 2020, Angka Sebaran Kasus Malaria di Mimika Berkisar 240/1.000 Penduduk

Share this article
Dinkes
Penanggungjawab Malaria pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Obeth Takege, SKM MPH.

Untuk pesisir ada tiga puskesmas yakni Manasari, Agimuga dan Jita, sedangkan yang di gunung untuk sementara kesulitan akses, karena warga mengeluh soal keamanan sehingga saat in warga ada di Timika.

“Untuk warga yang dari gunung, selalu bekerjasama dengan puskesmas terdekat. Misalnya yang tinggal di wilayah SP3, mereka kerjsama dengan Puskesmas Ile Ale, sehingga pelayanan kolaborasi antara petugas puskesmas di gunung dengan petugas Puskesmas Ile Ale. Demikan pula warga yang tinggal di Mimika Gunung akan berkolaborasi dengan Puskesmas Bhintuka SP13.
Dinkes berharap warga yang turun dari gunung tidak terpapar malaria, dengan satu harapan mereka mampu menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih, tidak ada genangan air, saluran air selalu dibersihkan, dan rajin ke puskesmas,” bebernya.

ads

Ia menyatakan, Dinkes rutin melakukan pantauan tidak saja malaria, tapi juga ada TB, HIV/AIDS, frambusia, dan penyakit menular lainnya. UU Kesehatan mengamanatkan agar petugas melakukan pelayanan di luar gedung. Dengan itu, petugas akan menemukan banyak kasus kesehatan di masyarakat. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *