Selain Tenaga Surya, PLN Timika Pelajari Potensi Listrik di Wilayah Gunung Gunakan Tenaga Angin

by -
Manajer PLN UP3 Timika, Marthinus Irianto Pasensi

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka menyukseskan program nasional dan program Provinsi Papua untuk Indonesia Terang dan Papua Terang, PLN UP3 Timika akan memasang jaringan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Distrik Tembagapura, Jila dan beberapa distrik wilayah gunung lainnya.

Untuk Tembagapura dan Jila sudah masuk dalam perencanaan yang tahun ini harus dikerjakan oleh PLN Timika.

Kemudian Distrik Amar, Distrik Mimika Barat Tengah dan Distrik Mimika Barat Jauh juga menggunakan PLTS.

Manajer PLN UP3 Timika, Martinus Irianto Pasensi kepada wartawan di Timika mengatakan, selama dirinya memimpin PLN Timika target ini harus tercapai, setidaknya distrik dan kampung-kampung sudah terlayani listrik.

“Untuk PLTS maupun pembangkit diesel, pemerintahan distrik dan kampung harus buat surat kesepakatan untuk membiayai operator. Operator ini akan mengikuti pelatihan (magang) di PLN, bagaimana mengoperasikan listrik sebaik mungkin sehingga masyarakat bisa pakai dalam jangka waktu lama,” ujarnya.

Menurut Martinus, Distrik Mimika Barat (Kokonao) dan Distrik Agimuga menggunakan genset berkekuatan 100 KWh dan mesinnya sudah ada. Jaringan luar sudah terpasang, tinggal penyambungan ke rumah warga.

“Kalau Kokonao kepala distrik dan kepala kampumg sudah tandatangani pernyataan, tiga orang operator sedang magang di PLN Timika. Untuk Agimuga sampai hari ini belum ada surat pernyataan sehingga masih agak lama. PLN tergantung dari kesiapan distrik dan kampung-kampung. Kalau sudah beres maka PLN akan kejar pemasangan jaringan dan juga penyambungan ke rumah warga,” kata Martinus.

Dia menuturkan setiap bulan dirinya melapor ke Wakil Bupati Mimika mengenai perkembangan pekerjaan di lapangan. Termasuk untuk mempercepat waktu listrik nyala di rumah-rumah warga, dia meminta Wakil Bupati mengajak Perbankan dan Telkomsel agar bisa bersama-sama turun ke Kokonao maupun Agimuga serta distrik lainnya.

Untuk jaringan PLTS, jelas Martinus menggunakan tenaga surya, sehingga persiapannya sedikit berbeda dengan PLTD.

Tapi untuk wilayah gunung Mimika, PLN selain menggunakan PLTS juga mempelajari potensi sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik seperti angin, air dan fosil lainnya.

“Kami jalan ke gunung sekaligus survei jangan-jangan ada sumber potensi energi lain yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan listrik masyarakat. Kalau anginnya bagus kita pakai energi angin, kalau ada distrik dan kampung yang memiliki air terjun bagus kita pakai energi air, atau energi hydromikro,” paparnya.(tim)

INFO IKLAN 0812-3406-8145