Catatan Singkat Klemen Tinal, Sang Maestro Politik Papua yang Selalu Membumi

by -
Almarhum Klemen Tinal
Almarhum Klemen Tinal

Penulis : Mustofa
(Redaktur fajarpapua.com)

WAKIL GUBERNUR PAPUA, Klemen Tinal SE MM, pada Jumat (21/5) Pukul 04.00 WIT dini hari berpulang ke Rumah Bapa di Surga setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Kabar meninggalnya mantan Bupati Mimika dua periode tersebut sangat mengagetkan seluruh warga terutama Warga Kabupaten Mimika yang pernah merasakan tangan dinginnya saat memimpin daerah ini.

Almarhum yang juga Ketua DPD Partai Golkar Papua ini dikenal sebagai sosok yang low profile dan care dengan masyarakat.

Bahkan saat di posisi sebagai pejabat negara pun, lelaki yang lahir di Beoga, Puncak, Papua pada  23 Agustus 1970 ini tetap “Membumi” bahkan tak segan-segan menjamu warganya yang kebetulan bertemu maupun bertamu.

Secara pribadi penulis pertama kali mengenal sosok almarhum Klemen Tinal pada Tahun 2002 atau tepatnya saat berlangsung Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

Dalam pemilihan yang dilangsungkan di Gedung DPRD Mimika (saat ini digunakan sebagai Kantor Pelayanan Polres Mimika) di Jalan Cenderawasih, almarhum berhasil unggul tipis dari almarhum Titus O Potereyauw.

Kedekatan penulis kembali terajut saat kontestasi Pilkada Mimika Tahun 2008 yang untuk pertama kali pemilihan Bupati Mimika dilakukan secara langsung.

BACA JUGA:  Koalisi Partai akan Bahas Kekosongan Jabatan Wakil Gubernur Papua

Almarhum yang saat itu berpasangan dengan H. Abdul Muis dengan jargon KTM menunjuk penulis sebagai salahsatu Penanggungjawab Tim Media KTM.

Dan Alhamdulillah, KTM saat itu terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mimika untuk masa bhakti 2008 hingga 2013.

banner 300250

Meski menjabat sebagai Bupati Mimika, KT demikian almarhum disapa juga merupakan sosok yang dekat dengan seluruh tokoh maupun pemeluk agama di Mimika, bahkan diera kepemimpinannya bantuan untuk pembangunan tempat ibadah begitu masif dilakukan.

Almarhum yang merupakan Bupati Mimika kedua setelah almarhum Titus O Potereyauw juga dikenal sebagai sosok yang visioner dan memiliki misi menjadikan Kabupaten Mimika menjadi pusat penghubung bagi sejumlah wilayah di Pegunungan Tengah maupun wilayah Pesisir Selatan Papua.

Tak ayal diera kepemimpinannya sebagai Bupati Mimika, Mantan Ketua Pemuda Pancasila Papua itu mempercepat pembangunan jalan dan Pelabuhan Pomako serta mendorong dibukanya akses penerbangan ke pedalaman yang dipusatkan di Bandara Mozes Kilangin Timika.

INFO IKLAN 0812-3406-8145