BERITA UTAMATRAVEL

Tari Yospan, Sendratari Asal Papua Bertema Persahabatan

cropped cnthijau.png
22
×

Tari Yospan, Sendratari Asal Papua Bertema Persahabatan

Share this article
Tari Yospan
Tari Yospan

fajarpapua.com – Tari Yospan adalah salah satu tarian terkenal di Papua yang menggambarkan tentang pergaulan masyarakat. Pada umumnya tarian ini banyak dimainkan oleh para muda-mudi sebagai bentuk persahabatan.

Kata Yospan sendiri merupakan singkatan dari Yosim dan Pancar. Yakni tarian tradisional  yang berasal dari Biak dan Yapen Waropen, dua daerah yang ada di wilayah papua

ads

Sejarah Tari Yospan

Sebelumnya Yospan (Yosim dan Pancar)  merupakan tari pergaulan yang berbeda, namun akhirnya kemudian dipadukan menjadi satu. Dalam pagelaran tari tersebut, para warga akan diajak menari dan menikmati alunan musik serta lagu-lagu yang dibawakan oleh penari.

Beberapa alat musik yang digunakan juga cukup sederhana, diantaranya seperti cuku lele, gitar, dan kalabasa. Terdapat juga alat musik yang berfungsi sebagai bas dengan tiga tali yang terbuat dari sejenis daun pandan.

Para wanita yang ikut menari akan menggunakan sarung tenun untuk menutup badan, serta menghias kepala dengan bunga dan bulu-bulu burung.

Sedangkan untuk laki-laki menggunakan  pakaian  berupa celana pendek dengan dada terbuka, dan hiasan kepala menggunakan bulu burung.

Untuk gerakannya sendiri sederhana, tidak lincah dan banyak gaya, bahkan bisa dikatakan cenderung kaku karena harus mengikuti hentakan pukulan tangan pemain musik.

Macam-macam gerakan tari Yospan

Pada dasarnya tari Yospan terdiri dari 5 gerakan inti, dan setiap pergantian gerak merupakan perantara dari gerakan satu ke gerakan selanjutnya. Berikut macam-macam gerak tari Yospan:

  • Gerak seka

Gerakan dimana penari melangkah dengan menghentakkan kaki dan berjalan melenggang maju menggunakan hitungan.

  • Gerak pacul tiga

Dilakukan dengan melenggang maju sebanyak tiga langkah, pada langkah ketiga kemudian membuang kaki ke kiri/ kanan depan.

  • Gerak gale-gale

Pada gerakan ini, penari akan berjalan maju mengikuti hitungan empat langkah ke depan. dan tepat di hitungan keempat kaki harus diseret di atas tanah.

  • Gerak Jef

Terinspirasi dari tari rock and roll, gerakan ini dimulai dengan menghentakkan kaki kanan dua kali, kemudian meloncat  membuang kaki kanan dan kiri.

  • Gerak pancar

Gerak pancar dilakukan dengan melangkahkan kaki meju ke depan sebanyak tiga kali, dan tepat dihitungan ketiga penari harus meloncat ke depan dan mendaratkan ke dua kaki di atas tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *