TRAVEL

Sungai Yawei Papua, Potensi Wisata dan Potensi Alam

cropped cnthijau.png
36
×

Sungai Yawei Papua, Potensi Wisata dan Potensi Alam

Share this article
Sungai Yawei
Sungai Yawei

Paniai, fajarpapua.com – Wisata di Papua kerap kali tak hanya menyajikan keindahan alam,namun juga aneka potensi didalamnya yang bisa dikembangankan. Salah satu ceritanya berasal dari sungai indah dari Kabupaten Paniai, Sungai Yaweii.

Papua memang didominasi oleh hutan yang lebat dan luas, hal ini karena wilayah di Pulau Papua belum banyak berpenghuni. Namun jangan salah Papua juga memiliki wisata alam yang indah dan patut Anda kunjungi.

ads

Pesona dari Sungai yang Mengaliri hingga Empat Kabupaten

Pesona Wisata Alam dari Papua kali ini datang dari wilayah Deiyai, yaitu Sungai Yaweii. Secara georgrafis, Sungai ini terletak menembusi gunung, pegunungan dan perbukitan.

Sungai ini mengalir sepanjagn 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, dan Kabupaten Mimika. Sungai Yawei bermuara dari Danau Paniai mengalir menuju ke mimika selatan termasuk Kecamatan Kapiraya Kabupaten Deiyai.

Sungai Yawei berjarak dari pusat sumber airnya yakni dari Danau paniai ialah sejauh 10 km. Sedangkan dari Kabupaten Deiyai, Sungai Yaweii berjarak sejauh 40 km. Sungai Yaweii memiliki wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Sungai Yaweii dahulu dan hingga sekarang masih menjadi kawasan hutang lindung yang sangat luas. Menurut informasi, Sungai Yaweii bahkan belum banyak di jamah oleh para penduduk sekitar apalagi wisatawan.

Papua secara umumpun masih memiliki banyak hutan hujan primer. Sungai dan pegunungan tinggi yang terdapat di banyak wilayah menciptakan perbatasan alami antara desa dan suku di daerah Papua. 

Infrastruktur di Kabupaten Deiyai memang masih kurang berkembang dan lingkungan yang masih cukup liar sehingga membuat perjalanan menuju Sungai Yaweii cukup sulit.

Namun setelah Pemerintah melihat adanya potensi pada Sungaui Yaweii, kini Pemerintah tengah berupaya memperbaiki infrastruktur disana.

Potensi Yaweii menjadi PLTA

Pemerintah berenca membangun PLTA di Kabupaten Deiyai dengan basis Sungai Yaweii.  Apabila PLTA nantinya bisa operasi di wilayah ini, maka untuk PLTS akan pusatkan di dua Distrik lain yakni Distrik Kapiraya dan Distrik Bouwobado.

Pemerintah akan berupaya dalam waktu dekat untuk segera merampungkan studi pengembangan potensi tenaga air di Sungai Yaweii Papua. Bukan tidak mungkin Sungai Yaweii ini nantinya akan menjadi basis pembangkit tenaga air (PLTA) terbesar di tanah air.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *