Kampung Soroba Sebagai Kampung Wisata Dengan Honai Yang Unik

by -
Kampung Soroba
Kampung Soroba

Siapa yang menyangka bahwa Papua memiliki kampung yang sengaja dijadikan sebagai tempat wisata. Kampung tersebut Bernama kampung Soroba. Kampung ini bahkan sudah cukup terkenal di mancanegara.

Yuk Selangkan Waktu Berwisata ke Kampung Soroba

Papua memang terkenal dengan budaya sukunya yang masih sangat kental dan terjaga dengan baik. Hal tersebut mulai dimanfaatkan untuk menarik wisatawan baik lokal hingga mancanegara. Salah satu yang sudah mulai dibuka dan dimanfaatkan adalah adanya kampung Soroba.

Kampung ini dijadikan sebagai kampung wisata untuk menarik para wisatawan. Kampung wisata ini juga hadir sebagai bagian dari Festival Budaya Lembah Baliem. Daya tarik utama dari kampung ini adalah rumah adat suku Dani bernama Honai. Rumah adat tersebut secara langsung juga dikelola oleh masyarakat setempat.

Wisatawan bisa merasakan bagaimana tinggal secara langsung dalam rumah adat Honai tersebut. Wisata ini akan cocok untuk yang ingin merasakan tinggal dengan suasana yang berbeda. Terutama di dalam rumah Honai yang terbuat dari bahan-bahan alam. Lokasi dari rumah tersebut juga cukup asri dan alami karena masih menyatu dengan alam.

Harga Penginapan Di Sana

Untuk bisa menikmatinya, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp.200.000 – Rp.250.000. Biaya tersebut untuk bermalam di rumah Honai secara perorangan. Wisawatan akan mendapatkan fasilitas berupa keamanan, tempat tidur hingga makanan tradisional setempat.

Tempat wisata ini akan sangat cocok untuk yang suka menikmati suasana alam secara langsung. Para wisatawan tidak perlu takut karena pengelola setempat sudah menyediakan listrik untuk penerangan.

Tempat ini berlokasi di wilayah Lembah Baliem, Wamena, Jayawijaya. Pada dulunya, tempat ini merupakan lokasi perang antar suku. Hal ini masih sangat terasa untuk wisatawan yang berkunjung. Salah satunya adalah masih adanya dua menara pengintai yang pernah digunakan.

Untuk bisa mencapai kampung Soroba, maka wisatawan harus berjalan sekitar 6 kilometer dari jalan raya. Nantinya wisawatan bisa langsung membayar biaya sesuai paket yang dipilih. Kemudian akan diantarkan menuju rumah Honai yang bisa digunakan oleh warga setempat atau pengelola kampung Soroba tersebut.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250