Percepat Vaksinasi, Polres Mimika Bentuk Tim Vaksinator Secara Door to Door untuk Para Pelaku Usaha

by -
Warga Sedang Divaksin oleh Petugas
Warga Sedang Divaksin oleh Petugas

Timika, fajarpapua.com – Polres Mimika bersama Relawan Vaksinasi dari Dinas Kesehatan Mimika menggelar program vaksinasi secara door to door pada Selasa (31/8).

Program mobile vacine atau vaksin door to door ini dilakukan dengan sasaran utama seluruh pelaku usaha yang ada di sepanjang Jalan Budi Utomo.

Kasi Dokkes Polres Mimika, Dr. Audio Titalesi yang meninjau langsung vaksinasi mobile saat ditemui fajarpapua.com mengatakan progam vaksin ini melibatkan Anggota Polres Mimika dengan sistem menjemput bola.

“Sejak kemarin kita bagikan formulir untuk vaksin, kita kumpulkan NIK, kita data semua tiap minggunya, setelah itu kita langsung mendatangi satu persatu untuk langsung vaksin,” katanya.

Ditegaskannya bahwa program ini merupakan arahan dari Kapolres Mimika dengan menindaklanjuti perintah dari Kapolri dalam mempercepat program vaksinasi.

Selain itu hal ini juga merupakan persiapan masyarakat Kabupaten Mimika dalam menyambut PON Papua 2021, sehingga mampu meminimalisir terjadinya peningkatan virus corona di Kabupaten Mimika.

“Ini untuk mempercepat vaksinasi sebagaimana program pemerintah maupun Polri. Dengan dasar itu, Kapolres Mimika mengadakan program gerai vaksin mobile, ini juga sebagai respon karena banyak pelaku usaha yang mengaku l tidak bisa di vaksin karena tidak bisa meninggalkan tempat usahanya,” ujar Audio.

BACA JUGA:  13 Perwira Polres Mimika Dimutasi, Termasuk Kasat Reskrim dan Kapolsek Miru Diganti

Sementara itu data awal yang telah mengisi formulir sebanyak 635 orang, 128 orang yang sudah vaksin secara mandiri dan 366 orang siap di vaksin.

Sisanya terdapat juga para pelaku usaha yang masih belum mau di vaksin yaitu berjumlah 141 orang dengan beberapa alasan karena takut suntik, sesak, sakit mag, darah tinggi asam urat dan lainnya.

Dikatakan Dr Audio, vaksin ini hanya untuk dosis pertama dikarenakan masih banyak para pelaku usaha yang belum melaksanakan vaksin.

Program ini juga sangat menguntungkan para pelaku usaha karena sesuai dengan aturan dari Bupati Mimika bahwa apabila pelaku usaha tidak di vaksin maka diberi peringatan dengan menutup usahanya selama 5 hari.

Pemilik Kios Barokah, Karyono mengatakan bahwa program vaksin dengan door to door sangat bermanfaat bagi pelaku usaha karena tidak perlu meninggalkan usahanya hanya untuk mengantri di gerai vaksin.

“Kita berterimakasih kepada para tim vaksinator mobile, tidak perlu lagi mengantri mereka sendiri yang datang kesini, saya sangat diuntungkan, istri saya juga ikut vaksin,” pungkasnya. (rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.