BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Kirab Api PON XX 2021 Singgah di Timika, Simak Prosesi yang Akan Dilalui…

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Kirab Api PON XX 2021 Singgah di Timika, Simak Prosesi yang Akan Dilalui…

Share this article
Gladi resik penyambutan Kirab Api PON
Gladi resik penyambutan Kirab Api PON


Timika, fajarpapua.com – Kirab Api PON XX dijadwalkan akan tiba di Timika, Selasa (28/9).

Setelah api dinyalakan di tungku depan Pendopo Rumah Negara SP3, selanjutnya atlet membawa api PON untuk diarak.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Julius Uwe sang legenda atlet dasalomba cabang atletik asal Kabupaten Mimika yang memiliki nama panggilan “Superman” ini, bersama tiga atlet lainnya, yakni Maria Natalia Londa atlet lari asal Denpasar-Bali, Muhammad Bima Abdi Negara atlit tenis meja asal Palembang dan Satria Tri Kusuma atlit sepeda asal Malang secara bergantian akan membawa api obor PON XX.

Koordinator Tim Terbang Kirab Api PON 2021, Ressa Riski Mutiara saat geladi resik di Pendopo Rumah Negara mengatakan, Kirab Api PON 2021 akan dimulai dengan penyerahan obor api PON 2021 dari tim terbang ke pasukan inti yang terdiri dari pasukan unsur TNI dan Polri di Bandar Udara Mozes Kilangin untuk selanjutnya dibawa ke Pendopo Rumah Negara SP 3 yang akan disambut dengan tarian khas Suku Kamoro.

Kirab api PON akan melibatkan 72 orang yang terdiri dari pasukan TNI/Polri sebanyak 60 orang dan pasukan inti, tim terbang dan komunitas 12 orang.

Rute kirab Api PON XX 2021 dari Bandar Udara Mozes Kilangin langsung dibawa ke Pendopo Rumah Negara untuk dilakukan prosesi penyerahan api PON untuk dinyalakan ditunggu yang diletakkan depan rumah negara. 

Setelahnya, api PON akan dikirab mulai dari rute di Kuala Kencana menuju venue panjat tebing, venue futsal, venue biliar, lalu dibawa ke seputaran kota Timika yang dimulai dari Jalan Cenderawasih ke arah Gereja Katedral Tiga Raja ke arah Koramil Kota Timika, berbelok ke Jalan Hasanuddin, lalu belok ke Jalan Budi Utomo dan berakhir di area Eks Pasar Swadaya Timika.

Nantinya di area Eks Pasar Swadaya ini akan dilaksanakan acara pentas seni hiburan bagi masyarakat.

Ressa mengatakan, kirab api PON 2021 ini sebelumnya telah diarak dari Sorong tanggal 26 ke Biak lalu ke Timika, kemudian di bawa ke Wamena, Merauke dan berakhir di Jayapura. Tungku api PON XX 2021 ini yang ditinggal di setiap kabupaten tersebut akan tetap menyala sampai prosesi api kirab ini selesai di Jayapura.

“Jadi prosesi tungku api PON ini sekitar lima hari di sini (Timika),” ujarnya. (Sitha)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *