Ada Alasan Kuala Kencana Jadi Lokasi Start Awal Kirab Api PON XX di Timika

by -
Bupati Mimika Eltinus Omaleng melepas Kirab Api PON XX Papua yang di mulai dari Start di Kuala Kencana , Timika, Papua Selasa (28/9/2021)/Foto Ryeno guritno
Bupati Mimika Eltinus Omaleng melepas Kirab Api PON XX Papua yang di mulai dari Start di Kuala Kencana , Timika, Papua Selasa (28/9/2021)/Foto Ryeno guritno

TIMIKA – Bidang Upacara Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika mengungkapkan alasan Kota Kuala Kencana ditetapkan sebagai lokasi start awal kirab Api PON di Timika, Selasa (28/9/2021).

Koordinator Bidang Upacara Andre Titaley mengatakan, Kuala Kencana dijadikan start awal karena peranan Freeport Indonesia sebagai salah satu sponsor besar PON XX Papua 2021.

Selain itu menurut Andre alasan lainnya adalah karena ada masukan dari Technical Delegate (TD) Atletik terkait Kuala Kencana sebagai lintasan lomba lari marathon dan jalan cepat.

banner 300250

Mengutip pernyataan TD kata Andre,
udara di Kuala Kencana juga sangat berbeda darinlintasan lari marathon pada PON tahun-tahun sebelumnya.

“Itu yang menjadi daya tarik kenapa kami putuskan Kuala Kencana sebagai tempat start awal kirab api PON,” kata Andre di Alun-alun Kuala Kencana.

Mewakili Manajemen PT Freeport Indonesia, Superintendent Fasilitas Manajemen (Pengelola Kuala Kencana) Samsul Arifin mengatakan, pihaknya sangat mendukung Kuala Kencana dijadikan salah satu tempat untuk kegiatan PON.

Pihaknya juga telah mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk perlombaan lari Maraton dan jalan cepat.

“Kamu sangat mendukung Pemkab Mimika dalam mensukseskan PON di Mimika. Kami juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang akan digunakan di Kuala Kencana,”tuturnya.

Dikatakan Samsul, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan di Mimika dan Satga.

Kuala Kencana adalah salah satu kawasan permukiman dan pusat administrasi PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua.

Kota ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 5 Desember 1995.

Lokasi Kuala Kencana berjarak sekitar 15 menit dari Timika, Ibukota Kabupaten Mimika. (Humas PPM/Ryeno Guritno/Ali Nur Ichsan/Misba)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.