BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Disambut Meriah di Biak, Hari Ini Kirab Api PON Tiba di Timika, Bakal Diarak ke Venue-venue

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Disambut Meriah di Biak, Hari Ini Kirab Api PON Tiba di Timika, Bakal Diarak ke Venue-venue

Share this article
Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap menerima api PON XX Papua dari mantan atlet nasional angkat besi Lisa Rumbewas saat tiba di kantor bupati Kabupaten Biak Numfor, Senin (27/9).
Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap menerima api PON XX Papua dari mantan atlet nasional angkat besi Lisa Rumbewas saat tiba di kantor bupati Kabupaten Biak Numfor, Senin (27/9).

Timika, fajarpapua.com – Sesuai jadwal, Kirab Api PON XX pada Selasa (28/9) hari ini akan tiba di Kabupaten Mimika. Api akan dinyalakan di pendopo rumah negara SP 3 selanjutnya diarak ke sejumlah venue pertandingan.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Pada Senin (27/9), Kirab Api PON XX singgah di Kabupaten Biak Numfor. Prosesi penyambutan berlangsung meriah dengan hadirnya ribuan warga dan pemerintah daerah setempat.

Kirab Api PON di Biak diantar langsung oleh Sekretaris Umum PB PON Papua Elly Loupatty setelah dibawa dari Sorong menggunakan Pesawat Trigana Air.

Api PON Papua XX kemudian dinyalakan di obor yang menyerupai Tifa di Halaman Kantor Bupati Biak Numfor.

Obor Api PON XX tiba di Bandara Frans Kasiepo Biak dan dibawa oleh atlet legendaris angkat besi asal Papua, Lisa Rumbewas.

Selanjutnya, obor itu dibawa oleh pasukan kirab dengan komposisi sejumlah atlet legendaris menuju Halaman Kantor Bupati Biak Numfor.

Obor Api PON dibawa secara bergantian oleh atlet-atlet legendaris yaitu Yayuk Basuki, Lisa Rumbewas, Pino Bahari, Maria Aibekob, dan Franklin Burumi.

Di sepanjang jalan dari bandara hingga tiba di halaman kantor Bupati Biak Numfor, pasukan kirab Api PON selalu disambut meriah masyarakat, bahkan terdapat pula grup drumb band dari sejumlah sekolah, anak-anak sekolah, hingga tari-tari adat budaya Biak.

Masyarakat Biak Numfor bahkan menggelar sejumlah acara lain yang mewarnai penyambutan pasukan kirab Api PON.

Setelah tiba di kantor bupati, upacara penerimaan Obor Api PON XX dipimpin langsung Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap.

Dalam upacara itu, Api PON diserahkan kepada atlet lengendaris tenis Yayuk Basuki bersama Lisa Rumbewas.

Bupati Herry Naap mengajak semua komponen masyarakat untuk terus mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Mari kita bersama-sama ikut memberikan dukungan PON XX Papua yang berlangsung pada 2–15 Oktober 2021. Kita beri dukungan kepada atlet-atlet di Papua supaya meraih prestasi dan tetap menjaga nama baik Provinsi Papua yang kita cintai dan banggakan bersama,”ujarnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua dan PB PON Papua karena Kabupaten Biak Numfor dipercaya menjadi kabupaten pertama di Papua yang dilalui kirab Api PON XX. Sebelumnya, Api PON XX telah diarak di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

“Saya atas nama masyarakat Kabupaten Biak Numfor menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan menjadikan Kota Biak sebagai perwakilan kota dari wilayah Adat Saereri yang dilalui kirab Api PON. Doa dan harapan kami, Provinsi Papua akan jaya dalam PON XX. Semoga Api PON ini membakar semangat dan motivasi bagi kita untuk terus berprestasi,”ungkap Bupati Herry Naap.(ant/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *