BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Manfaatkan Peluang Bisnis Selama PON, 100 Kelompok Mama Papua Digembleng oleh Panitia PON Klaster Merauke

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Manfaatkan Peluang Bisnis Selama PON, 100 Kelompok Mama Papua Digembleng oleh Panitia PON Klaster Merauke

Share this article
Penyerahan bantuan dana oleh Bupati Merauke
Penyerahan bantuan dana oleh Bupati Merauke


Merauke,fajarpapua.com – Sebanyak 100 kelompok Mama Papua di Merauke digembleng untuk memanfaatkan peluang bisnis dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di salah satu hotel di Merauke menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.


Bimtek Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diadakan oleh Sub PB PON Klaster Merauke Bidang Sosial Ekonomi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT.

Ads


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Yohanis Samkakai mengatakan, kegiatan bimtek yang dilaksanakan yakni dengan mengumpulkan pelaku usaha kecil mikro dan menengah. Pelaku usaha diberi pelatihan melalui bimbingan teknis guna memanfaatkan peluang bisnis pada saat pelaksanaan PON sebagai bagian dari upaya meningkatkan income (pendapatan) ekonomi.


“ Yang mengikuti Bimtek dalam bidang sosial ekonomi sebanyak 100 kelompok. Dari 100 kelompok ini semua mayoritas mama-mama orang asli Papua. Sebelumnya mereka telah dibina di beberapa SKPD seperti dinas pemberdayaan perempuan, dinas Pariwisata dan sebagainya,” jelas Yohanis Samkakai selaku Koordinator Sub Bidang Sosial Ekonomi Sub PB PON Merauke kepada wartawan.


Dalam acara tersebut, Panitia Sub PB PON XX Papua Klaster Merauke melalui Sub Bidang Sosial memberikan dana kontribusi untuk setiap kelompok sebesar 10. 555.000,- (sepuluh juta lima ratus lima puluh lima ribu rupiah)


“Itu sebagai dana stimulus kepada tiap kelompok agar mereka berusaha menambah produk mereka, di samping itu juga untuk menunjang kegiatan operasional mereka,” kata Yohanis Samkakai.


Dengan dilakukannya bimtek ini, Yohanes Samkakai berharap produk Mama-Mama Papua bisa dikenal dan dibeli oleh tamu PON dari luar daerah. Dengan demikian produk yang dihasilkan dan bisa laku terjual.


“Kedepannya, kelompok-kelompok ini bisa dilihat dan dibina oleh pemerintah daerah. Selain itu melalui perhelatan PON XX Papua Klaster Merauke, diharapkan dapat memberi manfaat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi orang asli Papua,” harap Yohanis. (hrs/Humas PB PON Papua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *