Tangani Sampah PON XX Papua, DLH Mimika Kerahkan 136 Petugas Kebersihan di 6 Titik Lokasi

by -
Jefri Deda
Jefri Deda

Timika, fajarpapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika mengerahkan 136 petugas kebersihan untuk mengangkut sampah di 6 titik lokasi pengangkutan sampah selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Klaster Mimika.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Pengelolaan Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas, Jefri Deda kepada fajarpapua.com, Rabu (29/9) mengungkapkan, sejak berlangsungnya pertandingan PON XX Papua pada 23 September lalu belum terjadi peningkatan kuota sampah.

“Kuota sampah secara umum sebelum PON Papua berlangsung rata-rata 200 ton per hari. Sedangkan saat PON berlangsung ini, belum terlalu banyak peningkatannya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Namun demikian dikatakan Jefri, memang terjadi peningkatan sampah terutama di Venue Futsal yang terjadi karena banyaknya pendukung dan penonton.

Selain venue lanjutnya, di Sentral Pendidikan Mimika Jalan Poros SP 2 – SP 5 yang dijadikan sebagai tempat tinggal sementara para atlet serta Venue Panjat Tebing, dan Mimika Sport Center (MSC) juga terjadi peningkatan sampah.

“Namun belum terlalu signifikan, sehingga petugas kebersihan maupun armada pengangkut masih mampu mengatasinya,” jelasnya.

Jefri juga menandaskan, selain venue pihaknya juga fokus dalam menangani sampah di tempat penginapan non hotel seperti wisma atlet, Mess GKI Marthen Luther, Asrama milik Lanud Timika, Asrama Kavaleri, Asrama Yonif 754 ENK serta dapur umum

BACA JUGA:  Kapolda Papua Pimpin Syukuran Suksesnya Pengamanan PON XX

“Untuk memudahkan penanganan sampah, DLH Mimika membagi 6 titik lokasi pengangkutan sampah dan tiga jalur dengan 136 personel petugas kebersihan,” jelasnya.

Lokasi pertama pengangkutan sampah meliputi layanan di Asrama Yonif 757 Kompi A, Brigif, dan Stadion SP 1.

Lokasi kedua melayani Wisma GKI Jalan Kartini dan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) di Venue Terbang Layang.

Lokasi ketiga melayani Sentral pendidikan, Venue Futsal, dan Asrama KPG.

Lokasi keempat berada di dapur umum tepat di sebelah Venue Biliard, Venue Biliard itu sendiri, dan Venue Aeromodeling di SP 5.

Lokasi kelima yaitu Venue Panjat tebing, Mimika Sport Center (MSC), Wisma Atlet dan rumah susun (rusun) yang berada dekat dengan Venue Panjat Tebing.

Lokasi terakhir di Kavaleri, Asrama Yonif 754 ENK, dan Pusat Pemerintahan sebagai Venue Terjun Payung.

Untuk waktu pengangkutan sampah berlangsung dari jam 12 siang hingga jam 7 malam khusus pada setiap 6 titik lokasi penyelenggaraan PON XX Papua di Mimika. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.