BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Tim Basket Putra Jabar Menang Tipis Lawan Jateng, Paling Dihitung Kekuatan DKI Jakarta

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Tim Basket Putra Jabar Menang Tipis Lawan Jateng, Paling Dihitung Kekuatan DKI Jakarta

Share this article
Pemain Jateng saat berusaha menghalangi pemain Jabar/ FOTO: Humas PPM/Joseph Situmorang
Pemain Jateng saat berusaha menghalangi pemain Jabar/ FOTO: Humas PPM/Joseph Situmorang

Timika, fajarpapua.com – Pertandingan bola basket 5×5 putra Jawa Barat (Jabar) vs Jawa Tengah (Jateng) pada babak penyisihan grup A PON XX Papua, Rabu (29/9/2021) berlangsung sengit.

Pada quarter pertama, Jabar unggul lima poin dari Jateng 23-18. Namun hal ini tidak membuat Habib Tito Aji sang kapten Jateng menyerah. Mereka terus mengejar. Sayangnya, permainan Yudha Saputra CS jauh lebih baik, sehingga berhasil menyelesaikan quarter kedua dengan poin 46-37.

Ads

Pada kuarter ketiga permainan Jateng semakin apik. Habib Tito Aji CS berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan 65-65.

Masuk quarter keempat, ritme permainan sangat ketat. Kedudukan poin kedua tim terus bergantian. Riuh suporter keduanya membuat gedung MSC bergemuruh. Lima menit jelang akhir pertandingan Jateng sempat unggul 75-73.

Namun, kedudukan ini tidak bisa dipertahankan Habib Tito Aji CS hingga pertandingan usai Jabar malah unggul lima poin 88-83.

Pelatih tim Jabar, Ricky Gunawan mengatakan permainan anak asuhnya kali ini belum begitu konsisten. Pasalnya di quarter ketiga, tempo permainan Yudha Saputra Cs mulai menurun. Padahal start awal sangat baik.

“Permainan hari ini sebenarnya startnya kita bagus. Cuma ternyata masuk quarter berikut kita masih naik turun. Itu yang mungkin harus dibenahi untuk permainan berikutnya. Kami belum konsistenlah,” ungkapnya saat diwawancarai di ruang press conference.

Meski telah dikalahkan di babak penyisihan, namun Ricky mengakui jika Jateng adalah lawan terberat timnya.

“Kalau di PON semua tim berat. Cuma mungkin Jawa Tengah sama DKI Jakarta lawan paling berat,” tuturnya.

Ia pun menargetkan akan kembali mendapatkan medali emas, mempertahankan juara dua kali berturut-turut.

Sementara, Yudha Saputra mengakui di quarter keempat Jateng begitu tangguh, namun karena niat dan kemauan timnya untuk menang begitu besar, sehingga mampu menyelesaikan pertandingan dengan baik.

“Jadi karena semangat kita yang pengen menang akhirnya kita jauh lebih unggul. Pertandingan ini sangat menguntungkan, karena kita startnya sudah bagus. Kedepannya kita harus lebih bagus lagi karena kita punya start bagus,” ungkapnya.

Sedangkan Pelatih Tim Jateng, Xaverius Wiwid mengatakan akan kembali memperbaiki strategi permainan Habib Tito Aji Cs dalam game berikutnya melawan Kalimantan Selatan pada Jumat (1/10/2021).

“Anak-anak penampilannya bagus. Tapi kitakan ketemu juara bertahan.
Sisa permainan kita akan perbaiki lagi. Target kita yah medali emas,” ungkapnya.

Adapun pencetak poin terbanyak di tim Jabar adalah Yudha Saputra 24 poin. Dan di tim Jateng adalah sang kapten Habib Tito Aji 44 poin. (Anti Patabang/Stefanus Ambing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *