BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Anggaran PON XX Papua Tahap Pertama Telah Dicairkan dari Pusat Senilai Rp 700 Miliar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Anggaran PON XX Papua Tahap Pertama Telah Dicairkan dari Pusat Senilai Rp 700 Miliar

Share this article
Dr. Yunus Wonda, SH, MH
Dr. Yunus Wonda, SH, MH

Merauke, fajarpapua.com – Anggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Peparnas 2021 untuk sektor konsumsi tahap pertama sudah dicairkan. Anggaran tersebut digelontorkan sebesar Rp 700 miliar dari total dana senilai Rp 1,7 triliun.


“Anggaran PON sebesar Rp 1.4 triliun dari pusat tahap pertama Rp 700 miliar lebih sudah cair, saya kemarin sudah tandatangan dokumen administrasinya di Jakarta,” kata Ketua Harian PB PON Papua, Dr. Yunus Wonda, SH, MH kepada wartawan di sela-sela kunjungan Menkopolhukam di Stadion Lukas Enembe, Kamis, (30/9).

Ads


Yunus Wonda mengatakan, anggaran sisa PON dalam waktu dekat ini bisa cair setelah PB Peparnas melengkapi beberapa dokumen lainnya. Mengingat, faktor administrasi proses pencairan anggaran konsumsi menjadi penyebabnya karena anggaran PON menggunakan pos APBN.


“persyaratannya banyak, termasuk mulai proposal PB PON Papua di Kemenpora, BPKP Pusat baru ke Menteri Keuangan. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu,” ucapnya.


Yunus memastikan konsumsi untuk semua peserta PON akan terpenuhi, setelah PT Pangansari Utama selaku penyedia konsumsi PON XX selesai membangun dapur umum di Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura.


“Saya sudah pantau tempat konsumsi yang dibangun oleh PT Pangan Sari, sudah selesai dan siap di operasionalkan,” beber Yunus Wonda.


Sementara itu, Penanggung Jawab Operasional Catering PON Pangansari, Erwin Sudarmin, mengatakan, di Kabupaten Jayapura konsumsi didistribusikan sejak 18 September lalu. Di Kabupaten Mimika pendistribusian konsumsi PON dimulai 16 September 2021.


Selama perhelatan PON, Pangansari mendistribusikan konsumsi untuk 193 ribu peserta di Kabupaten Jayapura dan 135 ribu peserta di Kabupaten Mimika, terdiri dari atlet dan ofisial, perangkat teknis, panitia pelaksana serta para relawan PON di Kabupaten Jayapura.


Konsumsi didistribusikan di 14 venue untuk atlet yang berlaga di 22 cabang olahraga di Kabupaten Jayapura. Diantaranya untuk pemain sepak bola putra, atlet pencak silat, loncat indah dan cabang olahraga lainnya.


“Di Kabupaten Mimika, Pangansari mendistribusikan konsumsi atlet dan pemain di semua cabang olahraga yang dipertandingkan,” papar Erwin.


Di Mimika 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, seperti bola basket, atletik, judo, tarung drajat, panjat tebing dan sejumlah cabang olahraga lainnya.


Menurut Erwin, konsumsi yang disajikan mengikuti standardisasi yang telah ditetapkan PB-PON XX Papua, mulai dari jumlah protein, gizi dan semua yang dibutuhkan untuk menjaga kebugaran. Semua konsumsi yang didistribusikan diperiksa secara ketat oleh koki berpengalaman, yang khusus diterjunkan Pangansari pada PON Papua.


“Pangansari selalu menjaga agar konsumsi yang didistribusikan tetap segar dan sehat untuk dikonsumsi,” tandas Erwin. (hrs/Humas PB PON Papua).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *