Dukungan Para Tokoh Papua Selatan Mengalir, JGG: PON XX Papua Bukti Papua Masih NKRI

by -
Drs. Johanes Gluba Gebze
Drs. Johanes Gluba Gebze

Merauke, fajarpapua.com – Perhelatan iven akbar empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di jagat Nusantara secara resmi dibuka hari ini, 2 Oktober 2021 oleh Presiden RI, Ir. H Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura.


Data KONI Pusat menyebutkan PON XX Papua 2021 melibatkan 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial dengan 37 cabang olahraga pertandingan, 56 disiplin cabang olahraga (cabor) dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan.


Para pahlawan olahraga (atlet) dari 34 provinsi di Indonesia akan memperebutkan 1.563 medali pada setiap nomor pertandingan yang berlangsung di setiap venue cabor yang tersebar di 4 klaster penyelenggara, yakni Kota Jayapura 20 cabor, Kabupaten Jayapura 15 cabor, Kabupaten Mimika 12 cabor dan Kabupaten Merauke 6 cabor.

Perihal penyelenggaraan PON XX Papua 2021, para tokoh di tanah Papua Selatan angkat bicara dan menyatakan dukungan penuh pada perhelatan pesta olahraga empat tahunan ini.


Tokoh Besar Papua Selatan, Drs. Johanes Gluba Gebze (JGG) mengatakan, PON XX Papua 2021 adalah wahana pemersatu bangsa. PON menjadi ajang uji coba seluruh elemen bangsa tentang pentingnya persatuan. Negara mempercayakan provinsi kedaulatan negara yaitu Papua di wilayah timur Indonesia untuk menyelenggarakan PON XX, sebagai bukti bahwa Papua masih merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Papua sebagai provinsi kebanggaan yang kaya dengan kemajemukan. Kita dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX 2021 khususnya Klaster Kabupaten Merauke. Tentu ini sangat luar biasa, karena kepercayaan itu mahal sekali harganya,” ucap JGG kepada wartawan di kediamannya di Kampung Wasur, Distrik Merauke.


Lebih lanjut Jhon Gluba menegaskan, kepercayaan menjadi tuan rumah harus dibuktikan. “Kepercayaan ini adalah unjuk bukti bahwa kitorang bisa, kita mampu menjadi penyelenggara dan kita bisa mempersembahkan sesuatu yang bisa memuaskan pemerintah bahwa Papua juga bisa menyelenggarakan iven nasional ini, sekaligus juga sebagai pelayan bagi seluruh anak bangsa dari berbagai kontingen di NKRI.


“Saya saudaramu, penjaga, pengawal kedaulatan bangsa yang menjamin Papua masuk Indonesia, bukti Papua masih Indonesia adalah PON, dan PON diselenggarakan di Papua. Kita Papua harus bangga karena PON di Papua. Kedepan PON di Papua lagi membutuhkan waktu yang sangat lama, untuk siklus Papua sebagai penyelenggara lagi,” ucapnya.

Kesempatan ini menjadi tuam rumah, lanjutnya, harus menjamin kepercayaan pemerintah dan bisa dibuktikan dengan slogan gaya Papua,” Kitorang Bisa, “Kitorang Mampu , Kitorang bisa menjamin keamanan, buat saudara-saudara se Indonesia untuk ikut PON di Papua.


“PON ini akan sukses diselenggarakan di atas situasi kedamaian, di atas situasi keamanan dan kita akan mempersembahkan habis-habisan apa yang kami bisa lakukan demi sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi untuk menjaring atlet-atlet terhebat yang juga akan mewakili bangsa ini di berbagai iven di dunia. Segala kekurangan di dalam penyelenggaraan, kami mau tebus dengan jaminan bahwa PON kali ini tetap aman, dari persiapan, pelaksanaan dan berakhirnya kegiatan ini.

“Dengan seluruh kekuatan leluhur dan seluruh komponen warga dari 6 suku besar serta seluruh komponen warga Nusantara yang berdomisili di Kabupaten Bhinneka ini, Kabupaten “Izakod Bekai Izakod Kai, (satu hati satu tujuan) kami bersehati untuk menjadikan PON yang damai, PON yang sukses.

BACA JUGA:  Pelaksanaan PON XX Papua Dinilai Aman dan Kondusif

“Papua Bisa, Merauke juga Bisa, ini bukti sebagai bhakti kami yang terbaik untuk NKRI bagi kejayaan olahraga, dan kejayaan kehidupan masyarakat, kebangsaan dan kenegaraan dari ujung timur perbatasan NKRI. Akhirnya saya ucapkan selamat bertanding, dengan damai dan sukses untuk semua kontingen,” pungkas JGG.


Sementara itu, Wakil Keuskupan Agung Merauke, Pastor Hendrikus Kariwob, MSC sebagai Tokoh Agama Katholik Papua Selatan dan tim doa untuk PON Papua Klaster Merauke menyatakan siap mendoakan kesuksesan pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Papua khususnya di Kluster Merauke.

Pastor Hendrikus Kariwop, MSC
Pastor Hendrikus Kariwop, MSC

“Pertama-tama, kita sebagai warga masyarakat Indonesia dan sebagai orang Papua sungguh-sungguh merasa gembira dan senang sekali bahwa pemerintah pusat terutama Presiden RI memberikan kepercayaan kepada Provinsi Papua untuk menyelenggarakan PON XX tahun 2021,” ungkap Pastor Hengky Kariwop.


Dengan kepercayaan pemerintah pusat, kata Pastor Hengky, diharapkan Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Merauke, Panitia PON Klaster Merauke, pihak keamanan bersatu padu menyelenggarakan PON XX 2021 di Tanah Papua dengan baik, aman, tertib dan damai.


“Untuk para atlet, ofisial dan juga para wasit menjunjung tinggi sportivitas. Semangat untuk menang dan juara harus terpatri di dalam lubuk hati para atlet khususnya para atlet Kontingen Papua. Itu menjadi kebanggaan Provinsi Papua dan semua warga yang berdomisili di tanah Papua.


“Saya juga mengimbau kepada warga masyarakat Papua yang ada di Provinsi Papua khususnya di Merauke supaya kita bangga akan kepercayaan ini untuk penyelenggaraan PON, dengan bersama sama Bersatu memberikan dukungan berpartisipasi dalam persiapan penyelenggaraan dan saat pelaksanaan.


“Mari kita bersama sama menjaga keamanan di Tanah Papua, khususnya Kabupaten Merauke. Dengan demikian kita sudah sukseskan PON ini. Jangan kita diprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, jangan dengar berita-berita hoax, berpikir positif. Mari kita doakan kesuksesan PON XX 2021 di Papua khususnya Kluster Merauke,” ajak Pastor Hengky.


Tokoh Pemuda Marind Merauke, Agustinus Mahuze menyatakan bahwa pemuda siap amankan dan menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021 di Papua khususnya di bumi Animha agar dapat berjalan aman dan damai.

Agustinus Mahuze
Agustinus Mahuze


“Kita ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan instansi terkait lainnya dan warga Merauke yang telah menjaga keamanan bersama,” ujar Agustinus.


Hal itu juga disampaikan Ketua GMKI Cabang Merauke, Else Titihalawat. Else mengatakan bahwa pemuda pemudi di Kabupaten Merauke siap menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021 di Papua dan khususnya di Merauke.

Else Titihalawat
Else Titihalawat

“Teman-teman pemuda pemudi di Merauke, saya mengajak basudara semua untuk menjaga keamanan dalam rangka mendukung dan menyukseskan PON XX Papua 2021 khususnya di Klaster Merauke. Ko jaga sa, sa jaga ko, kitong baku jaga.

“Momen PON ini cukup langkah di Merauke, sehingga jangan ko lewatkan, bagi teman-teman yang belum vaksin agar segera vaksin biar ko dapat nonton PON. Mari kita datang dan nonton cabang olahraga di Merauke ada lomba balap motor, motor cross, wushu, catur, gulat, anggar, dan sepak bola wanita,” tandas Else. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.