BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Manajer Sepak Bola Putri DKI Jakarta Optimis Timnya Melaju ke Semi Final

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Manajer Sepak Bola Putri DKI Jakarta Optimis Timnya Melaju ke Semi Final

Share this article
Tim DKI Jakarta ketika mengalahkan Tim Babel 1-0 di Stadion Katalpal Merauke
Tim DKI Jakarta ketika mengalahkan Tim Babel 1-0 di Stadion Katalpal Merauke


Merauke, fajarpapua.com – Manajer Sepak Bola Putri Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Uden Kusumawijaya optimis timnya akan melaju ke babak semifinal, setelah melihat kualitas pemain yang anak-anak besutannya pada laga perdana melawan Tim Putri Bangka Belitung di Stadion Katalpal Merauke, Sabtu (3/10/).


Dalam laga perdana babak penyisian grup B cabor Sepak Bola Putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua itu, Tim DKI Jakarta tampil prima dalam mengolah ‘si kulit bundar’ di lapangan hijau dengan gaya permainan defense (bertahan) dan mengandalkan counter attack (serangan balik).

Ads


“Di awal pertandingan ini, yang pertama memang kita masih membaca kekuatan lawan. Namun kami memanfaatkan bola-bola mati, itu yang pertama kami lakukan. Kita lihat beberapa kali permainan di lapangan tengah kekuatan berimbang. Tapi kita bisa perkirakan untuk memanfaatkan bola-bola mati. Kami perbanyak tekanan di area kotak penalti, saat mendapat kesempatan free kick (tendangan) bebas,” ujar Uden kepada wartawan di Ruang Konfersensi Pers Stadion Katalpal usai pertandingan.


Uden menyebutkan koordinasi yang baik antara pelatih dengan pemain di lapangan menjadikan timnya sangat solid.

Para pemain selalu mengikuti apa yang diinstruksikan oleh pelatih maupun ofisial dari pinggir lapangan, sehingga ketika situasi sulit terjadi di dalam lapangan keputusan tidak diambil sepihak oleh pemain. Namun mereka mendengarkan intruksi pelatih.


“Syukur instruksi kita bisa diikuti anak-anak dengan baik, mereka disiplin dan terus menjaga ritme permainan. Permainan dari lawan kita Bangka Belitung juga sangat luar bisa.

Beberapa kali pemain lawan yang melewati daerah 16, kita instruksikan untuk selalu menjaga satu persatu pemain lawan (man to man marking). Kita menunggu peluang yang tepat untuk melakukan serangan,” kata Uden.


Menurutnya, target pertama yang dipatok adalah ke babak final terlebih dahulu. Mengingat, tim-tim yang bakal bertanding di penyisian Sepak Bola Putri PON XX Papua adalah tim-tim yang tidak dipandang sebelah mata.

Tim-tim yang nanti berlaga adalah tim-tim unggulan yang bersaing ketat untuk mendapat tike ke semifinal maupun ke final seperti tim tuan rumah Papua.


“Tentunya kita coba akan terus melaju. Tetapi target kita pertama adalah semifinal dulu. Itu sementara dulu. Karena kita tahu tim tuan rumah juga memiliki skill pemain yang bagus juga. Kita masih belum bisa membaca kekuatan-kekuatan lawan, karena ini baru di laga perdana. Lapanagan bagus, cuaca juga mendukung, saya kira tidak ada masalah. Tinggal persiapan kita saja,” aku Uden.


Sementara itu, pemain tengah Tim Putri DKI Jakarta nomor punggung 4, Shalika Aurelia Viandrisa mengaku sedikit kewalahan saat menghadapi lawannya, Babel.

IMG 20211003 WA0047
Duel perebutan bola Tim Putri DKI vs Babel di lapangan hijau

Para pemain di lapangan diharapkan tidak memandang enteng lawan karena semua tim yang bertanding memiliki kualitas permainan yang bagus dan mampu mengimbangi timnya.


“Yang pastinya kita senang karena kita menang 1-0. Tapi ini baru pertandingan awal. Semua tim-tim yang berlaga memang sangat kuat. Kita tidak boleh lengah dan harus banyak belajar. Kita tadi juga masih banyak kekurangan,” aku Shalika. [hrs]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *