Tangguh!! Jabar Tunduk 0-1 Atas Keperkasaan Tuan Rumah

by -
Ekspresi Anak-Anak Galanita Papua merayakan gol ke gawang Jabar. (Foto: Jhon/Humas PB PON Papua)
Ekspresi Anak-Anak Galanita Papua merayakan gol ke gawang Jabar. (Foto: Jhon/Humas PB PON Papua)


Merauke, fajarpapua.com – Tim tuan rumah, Galanita Papua taklukan Jawa Barat 1-0 dalam laga penyisihan terakhir di group B Sepak Bola Putri PON XX Papua di Stadion Katalpal, Mopah Lama, Merauke, Kamis (7/10).


Tampil di hadapan publiknya sendiri, Galanita Papua langsung menggebrak sejak menit-menit awal sesudah kick-off yang dimulai pukul 15.30 WIT itu.


Dengan permain bergaya ala Samba Brazil, anak-anak Cenderawasih ini bermain cantik dari kaki ke kaki. Tim Galanita terus menekan untuk menggedor area pertahanan Jabar yang dimotori oleh Kapten kesebelasan, Dian Tri Lestari (79).


Sesekali tim biru tanah Pasundan berusaha keluar dari tekanan tuan rumah dan balik menekan menyerang melalui serangan balik. Namun, bola-bola terobosan dikuasai oleh anak-anak Galanita yang dibesut oleh Pelatih Priagung Dani Admojo.


Di menit ke-17 nyaris terjadi gol untuk Galanita Papua melalui sepak pojok pemain sayap, Feni Binsbarek (11) yang disambut penyerang Liza Armanita Madzar (10) di area kotak penalti dengan tendang keras ke arah gawang.

Namun bola berhasil diamankan oleh penjaga gawang Jabar, Diana Herlina (29).


Di menit ke-17 nyaris terjadi gol kalau saja kiper Jabar, Diana Herlina tak cekat mengamankan gawang. Tekanan bertubi-tubi anak-anak Galanita Papua belum juga menciptakan gol.


Anak-anak Jabar yang dibina pelatih, Rony Remon itu hampir tidak bisa mengembangkan pola permainan cantiknya, akibat tekanan Galanita Papua yang mendominasi permainan dari lini ke lini.

BACA JUGA:  Latihan di "Gedung Berhantu" Berbuah Emas PON Papua


Satu-dua serangan Jabar belum bisa mengoyakkan pertahanan Galanita Papua yang dikapteni oleh Selly Wunungga (19).

Sebaliknya tekanan tim tuan rumah dilancarkan namun belum juga menghasilkan gol.


Memasuki akhir babak pertama tepatnya di menit ke-43, sebuah umpan terobos dari Serly Wunungga (19) diteruskan pemain belakang ke Debora Pagawak (26) ke penyerang Galanita Papua, Lisa Armanita Madjar (10) dan berhasil menyarangkan bola ke jala gawang Jabar, hingga mengubah kedudukan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

IMG 20211007 WA0030
Liza Armanita Madjar, stricker Galanita Papua pencetak gol tunggal. (Foto: Jhon/ Humas PB PON Papua)


Memasuki babak kedua, Tim Galanita Papua kembali meningkatkan ritme permainan dan melakukan tekanan ke jantung pertahanan Jabar melalui umpan-umpan lambung.


Namun bola selalu kandas di kaki pemain belakang anak-anak Jabar. Pasukan biru, Jabar sekali-sekali melakukan tekanan dan memanfaatkan serangan balik.


Anak-anak Galanita kembali melakukan preasure dari kaki ke kaki. Serangan yang bertubi-tubi ke gawang Jabar menyebabkan kiper, Diana Herlina (29) kewalahan menahan tendang keras dari penyerang tuan rumah.


Jual-beli serangan di menit-menit akhir terus terjadi. Tim Jabar juga terus menekan dari barisan tengah melalui serangan balik. Namun belum juga membuahkan gol. Kedudukan tidak berubah 1-0 hingga wasit meniupkan peluit panjang.


Hasil memastikan tuan rumah, Galanita Papua ke final bersama Tim Jawa Barat. Galanita akan menghadapi Bangka Belitung. Sedangkan Jawa Barat akan bertemu musuh bebuyutan DKI Jakarta. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.