Sejarah Baru di PON, Papua Rebut Emas di Cabor Catur

by -
Cerdas Barus, Pecatur Papua yang turun di kelas catur cepat terbatas 60 tahun perseorangan. (Foto: Humas PB PON Papua)
Cerdas Barus, Pecatur Papua yang turun di kelas catur cepat terbatas 60 tahun perseorangan. (Foto: Humas PB PON Papua)


Merauke, fajarpapua.com – Sejarah baru di ajang Pekan Olahraga Nasional. Provinsi Papua bisa merebut medali emas dari cabang olahraga (cabor) catur. Perolehan medali emas dari cabor catur akhirnya terlaksana di PON XX Papua 2021 di Klaster Merauke, Jumat (8/10).


Medali emas berhasil direbut oleh Pecatur Cerdas Barus, Grand Master yang turun di kelas catur cepat terbatas 60 tahun perseorangan terbatas.


Cerdas Barus merupakan difabel berumur 60 tahun dan tampil di PON Jawa Barat 5 tahun lalu. Selain berhasil merebut satu medali emas, pecatur Papua juga berhasil meraih satu medali perunggu oleh pecatur Yoseph Theopilus Taher yang tampil di catur cepat perseorangan umum.

IMG 20211009 WA0002
Cerdas Barus saat berlaga di arena catur. (Foto: Humas PB PON Papua)


Sebelumnya, Yoseph Theopilus Taher mendapatkan medali perak pada kategori catur kilat perorangan umum.


Dengan begitu, untuk cabor catur Papua memperoleh 1 medali emas,1 medali perak dan 1 medali perunggu dari 10 medali emas yang sudah diperebutkan untuk 2 kategori yakni Catur kilat, kemudian catur cepat.


Hari ini Sabtu (9/10) akan mulai dipertandingkan catur klasik untuk memperebutkan 5 medali emas.


Agus Narendra Servatinus, anak dari Cerdas Barus yang khusus mendampingi orang tuanya dalam pertandingan PON XX Papua mengaku sebagai anak dirinya sangat bangga atas pencapaian orang tuanya tersebut.


Karena di umur yang sudah senja 60 tahun masih diberi kesempatan untuk bertanding. Lebih dari itu bisa memperoleh medali emas.

BACA JUGA:  Latihan di "Gedung Berhantu" Berbuah Emas PON Papua


‘’Kemarin Bapak beregu di PON Jawa Barat dan berhasil meraih medali emas,’’ katanya.
Ketua Kontingen Cabor Catur Papua, Ventje Ropa sekaligus pelatih kepala menjelaskan bahwa KONI Papua memberikan target 1 medali emas untuk cabor catur.


‘’Untuk target kita sudah berhasil meraih hari ini, tapi kita masih ada 5 medali emas yang masih diperebutkan untuk kategori klasik. Mudah-mudahan kita masih bisa meraih medali emas dari situ,’’ tandasnya.


Manager Cabor Catur Papua, H. Ariadi, SE, menjelaskan perolehan medali emas ini merupakan sejarah baru bagi Papua di PON XX. Pasalnya, perolehan medali emas ini merupakan yang pertama kalinya sejak Papua ikut PON selama ini.


‘’Ini menjadi sejarah, karena selama kita mengikuti PON belum pernah mendapatkan medali emas dan hari ini sejarah itu mencatatkan. Ini sebuah kebanggaan tersendiri,’’ kata Ariadi didampingi Wakil Manager, Banjir Ambarita.


Ariadi menambahkan, meski target KONI telah tercapai namun pihaknya masih menargetkan perolehan 2 medali emas untuk kategori catur klasik yang mulai pertandingkan hari ini.


‘’Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Papua supaya bisa meraih target kita berikut,’’ pungkasnya. (Humas PB PON Papua/hrs).

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.