BERITA UTAMA

Warning !!! BMKG Ingatkan Sejumlah Provinsi Masuk Kategori Waspada Banjir, Ini Daftarnya

cropped cnthijau.png
5
×

Warning !!! BMKG Ingatkan Sejumlah Provinsi Masuk Kategori Waspada Banjir, Ini Daftarnya

Share this article
Ilustrasi suasana hujan
Ilustrasi suasana hujan

Jakarta, fajarpapua.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada banjir akibat hujan lebat yang diprakirakan terjadi pada hari ini.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Dalam prakiraan cuaca berbasis dampak yang berlaku sampai Sabtu besok (30/10), BMKG mengingatkan provinsi yang masuk dalam kategori waspada banjir dan bandang adalah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kategori waspada banjir itu juga berlaku untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Papua.

Potensi banjir di beberapa wilayah di Indonesia itu muncul seiring dengan kemungkinan hujan lebat disertai angin yang diprakirakan BMKG terjadi di sejumlah provinsi hari ini yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi pada hari ini di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Wilayah lain yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan adalah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

Khusus untuk daerah DKI Jakarta, diprakirakan hujan disertai petir akan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada siang hari.

Sementara hujan kategori sedang berpotensi terjadi di Jakarta Pusat pada siang dan malam hari, Jakarta Selatan pada siang hari, Jakarta Timur pada siang hari dan Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu pada malam hari.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *