BERITA UTAMAMIMIKA

Kepala Suku Besar Amungme Tegaskan Dukungan Kepemimpinan Plt Bupati Mimika, Petrus: Pak JR dan Saya Dulu….

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
53
×

Kepala Suku Besar Amungme Tegaskan Dukungan Kepemimpinan Plt Bupati Mimika, Petrus: Pak JR dan Saya Dulu….

Share this article
IMG 20230117 WA0057
Kepala Suku Besar Amungme, Petrus Ogolmagai didampingi sang istri dan anak.

Timika, fajarpapua.com – Gaya kepemimpinan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob yang “low profile” dan dikenal dekat dengan rakyat kecil rupanya membekas dalam ingatan setiap warga Mimika.

Salah satunya Kepala Suku Besar Amungme, Petrus Ogolmagai. Petrus yang diangkat sebagai kepala suku besar Amungme pada tanggal 28 November 1998 silam itu mengaku ingat betul bagaimana sosok Johannes Rettob semasa menjabat sebagai Kepala Bidang Perhubungan Udara yang selalu pulang pergi Jila mengurus bandara yang dikenal ekstrim itu.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Bapa Bupati John Rettob dulu itu selalu pulang pergi Jila, beliau teman saya, Bapa John Itu teman saya, kami selalu pulang pergi Jila, saya tahu beliau orangnya luar biasa yang selalu mengurus bandara di pedalaman – pedalaman,” ungkap Petrus di kediamannya di SP 5, Selasa (17/1/2023).

Petrus Ogolmagai yang kini mengelola Koperasi Amungme More dan UMKM Amungme More menyatakan sangat mendukung gebrakan Bupati JR untuk menghidupkan ekonomi rakyat kecil melalui pengembangan Koperasi dan UMKM.

“Saya dukung semua program beliau dan lanjutkan terus. Saya tunggu beliau datang ke sini, saya mau terima dengan acara bakar batu,” ungkap Petrus.

Ia mengemukakan, selama ini pihaknya hanya dijanjikan untuk dibangunkan rumah produksi. Namun dibawah kepemimpinan JR baru mendapat kepastian setelah Dinas Koperasi dan UMKM selalu memberikan pembinaan terhadap mereka sebelum pendirian rumah produksi tersebut.

“Bapa John Rettob tidak hanya janji tapi benar-benar realisasikan. Saya ikuti persoalan pendidikan Mimika sudah mulai bagus, ekonomi juga mulai bagus. Jadi kami sebagai tokoh masyarakat akan selalu mendukung apapun kebijakan yang membangun daerah ini,” paparnya.

Untuk membangun rumah produksi, dirinya sudah menyiapkan lahan yang cukup luas di jalan masuk penggalian SP 5.

“Selama ini untuk budaya Amungme mereka hanya datang ambil foto saja tapi tidak ada pemberdayaan. Saya berterima kasih karena sudah banyak gebrakan Bapa John Rettob yang menyentuh masalah masyarakat asli, terutama kami suku asli Amungme Kamoro. Sebagai teman saya tunggu Bapa Bupati datang kunjung ke rumah saya di sini, saya mau sambut Bapa di sini,” ungkapnya yang didampingi sang istri.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *