BERITA UTAMAPAPUA

Pemerintah Pusat Alokasikan Anggaran Rp 1,8 Triliun untuk Provinsi Papua Pegunungan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Pemerintah Pusat Alokasikan Anggaran Rp 1,8 Triliun untuk Provinsi Papua Pegunungan

Share this article
IMG 20230126 WA0065
Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo

Jayapura, fajarpapua.com- Dalam rangka mempercepat pembangunan di wilayah, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk anggaran pembangunan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, memimpin langsung konsultasi dan koordinasi tersebut.

ads

“Saat ini kami berada di Jakarta untuk konsultasi RKA Provinsi Papua Pegunungan. Kita harapkan pemerintah pusat dapat segera merealisaskan anggaran untuk pelayanan kepada masyarakat,”ungkap Gubernur Kondomo, Kamis (26/1).

Menurut Gubernur, bahwa Pemerintah Pusat pada tahun 2023 ini akan mengalokasikan anggaran pembangunan untuk Provinsi Papua Pegunungan kurang lebih Rp 1,8 trilliun. Anggaran tersebut nantinya digunakan untuk belanja publik.

“Pemerintah pusat memberikan alokasi dana untuk Papua Pegunungan kurang lebih Rp 1,8 triliun. Makanya untuk realisasi anggarannya, kita sedang konsultasi dan berkoordinasi terkait RKA,”jelasnya.

Gubernur Kondomo mengatakan saat ini seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang sudah terbentuk baik dinas maupun badan telah diinstruksikan dalam waktu segera menyelesaikan RKA.

“Untuk penggunaan anggaran tahun ini maka kita instruksikan seluruh dinas dan badan yang sudah terbentuk untuk menyusun program kerja dan Menyusun RKA sesua dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Saat ini, kata Gubernur, pihaknya memimpin langsung penyusunan RKA bersama tim kerja anggaran. Diharapkan pekan ini seluruh RKA dapat rampung sehingga pemerintah dapat merealisasikan anggaran pembangunan di provinsi tersebut.

“Saya memimpin langsung penyusunan RKA bersama tim anggaran. Dan diharapkan dalam waktu dekat diharapkan Kemendagri dan Kementerian Keuangan dapat menyetujui anggaran kita sehingga roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan baik,”tandas mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua itu.

Gubernur Kondomo menambahkan untuk anggaran 2023 difokuskan untuk membiayai pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan berbagai sarana prasana pemerintahan untuk menopang roda pemerintahan.

“Anggaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan 2023 diprioritaskan untuk mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Kita fokus menyiapkan fondasi untuk pelayanan publik,”tandasnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *