BERITA UTAMAJayapura

Valentine Day, Polres Jayapura Tanam 500 Pohon di Cagar Alam Cycloop

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Valentine Day, Polres Jayapura Tanam 500 Pohon di Cagar Alam Cycloop

Share this article
IMG 20230214 WA0048
Kapolres saat menyerahkan bibit pohon dan menanam

Jayapura, fajarpapua.com– Momen valentine day, Polres Jayapura mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut dalam kegiatan hiking serta penanaman pohon di Bukit Umang Cycloop Kemiri Sebtani, Kabupaten Jayapura, Selasa (14/2/2023).

Momentum yang baik dihari kasih sayang (Valentine Day) itu, Polres Jayapura bekerjasama dengan CPA Hirosi dan mengajak Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, TNI, Basarnas, Komunitas Pecinta Alam dan pelajar SMA/SMK serta masyarakat disekitar Kemiri untuk wujudkan kasih sayang kepada Tuhan dengan menanam sebanyak 500 pohon sebagai wujud kepedulian lingkungan.

ads

Penanaman pohon ini dihadiri langsung Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, Ketua CPA Hirosi Marshal Suebu, Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny. Debby Maclarimboen, para tokoh adat, tokoh masyarakat, insan pers Kabupaten Jayapura, Kadis Lingkungan Hidup, Abdul Rahman Basri, serta para tamu undangan.

Penanaman pohon dimulai dari CPA Hirosi dengan rute bukit umang, kali kemiri hingga finish dan kembali ke CPA Hirosi. Dalam Hiking tersebut para peserta diwajibkan menanam pohon di bukit umang yang diketahui sebagai bukit penyangga cagar alam Cycloop.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen mengatakan, pihaknya memanfaatkan momen dihari Valentine bersama komunitas pecinta alam bagaimana kontribusi untuk menjaga keseimbangan alam dan manusia.

“Tujuan penanaman pohon ini tentunya akan berkelanjutan jadi setiap momen di hari – hari tertentu bagaimana kita akan dorong sebagai manusia untuk bisa menjaga lingkungan. Pada penamaan pohon kali ini kita menjaga cagar alam penyangga Cycloop. Seperti kita ketahui bersama ada alih fungsi daripada cagar alam Cycloop, itu bisa berdampak kepada lingkungan sehingga harus kita jaga,” katanya.

Kapolres menghimbau agar seluruh elemen masyarakat berperan aktif menjaga cagar alam Cycloop.

“Mari kita jaga sama – sama cagar alam Cycloop, kita juga berharap suara dari pemilik hak ulayat untuk kita mengkampanyekan tidak ada penyalahgunaan atau pengalih fungsi hutan di cagar alam Cycloop itu sendiri,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Ketua CPA Hirosi Marshal Suebu menyampaikan jarang ada generasi milenial melakukan kegiatan mencintai alam di hari valentine.

“Jadi kami merancang bersama – sama dengan Kapolres Jayapura, para tokoh, dihari kasih sayang ini kita coba aplikasikan dalam bentuk mencintai alam dengan melakukan penanaman pohon sebagai bentuk kasih sayang manusia terhadap alam, kita berharap tidak sebagai ceremonial tapi bagaimana kita dapat manfaatnya di kemudian hari,” tutupnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *