BERITA UTAMAJayapura

Menuju Kota Cerdas, Pemkab Jayapura Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Menuju Kota Cerdas, Pemkab Jayapura Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

Share this article
aa719508 5314 447d 9793 19e88d39695f
Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura saat membuka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City. Foto: HSB

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Jayapura, fajarpapua.com– Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap II Kabupaten Jayapura.

Kegiatan yang dilaksanakan Hotel Suni Garden Lake Sentani, Senin (7/8) digelar secara daring ini dibuka Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo.

Acara juga dihadiri Tenaga Ahli Kementerian Kominfo RI, Acuviarta Kartabi, Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon dan seluruh OPD, Distrik Kabupaten Jayapura.

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyampaikan Bimtek penyusunan master plan Smart City dan Quick merupakan lanjutan hasil dari sistem layanan pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Jayapura..

Sistem ini lanjutnya telah mendapat apresiasi sesuai dengan esesmen sistem pemerintah berbasis elektronik yang telah dilaksanakan oleh Kementerian PANRB dimana pada Tahun 2021 indeks pelayanan Pemkab Jayapura 1,47 dan pada Tahun 2022 indeksnya naik 2,61.

“Kenaikan indeks predikat baik, sehingga Kabupaten Jayapura terpilih untuk mengikuti gerakan Smart City dan rangkaian Bimteknys kita laksanakan kembali hari ini,” kata Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo.

Triwarno berharap Kabupaten Jayapura khususnya Kota Sentani semakin hari menunjukkan ciri-ciri layanan perkotaan yang kuat baik konsep smart lingkungan, smart ekonomi dan lainnya.

“Kita harap kepada seluru peserta Bimtek setelah mengikutinya mempunyai wawasan yang luas dan dapat menciptakan terobosan baru sebagai strategi akselerasi transpormasi layanan perkotaan,” ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini Kota Sentani semakin dipadati oleh masyarakat jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pemukiman yang begitu cepat, sehingga masyarakat membutuhkan kehidupan yang nyaman, bersih, aman dan sehat.

“Untuk itu, persoalan-persoalan yang ada harus kita hilangkan dengan menciptakan program untuk menghindari banjir di Sentani, tidak ada lagi perambahan hutan di Cyclop, layanan pendidikan, masalah hak ulayat dan lainnya agar bisa menjawab semua persoalan-persoalan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu Tenaga Ahli Kementerian Kominfo RI, Acuviarta Kartabi, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang telah berkolaborasi dengan Kominfo RI dalam rangka Smart City.

Dimana Smart City urainya diarahkan pada tiga pilar yakni adaptasi teknologi informasi, kolaborasi dan inovasi.

“Saya kira dengan adanya dukungan dari Pemkab Jayapura sangat luar biasa dan kami dari Kominfo RI memberikan apresiasi yang telah mengarahkan program Smart City untuk mempercepat proses pembangunan yang akan kita laksanakan dalam jangka pendek 2024 maupun jangka menengah dan panjang,”ujar Acuviarta Kartabi.

“Melalui Bimtek ini, kita akan mengali seluruh program yang sudah ada di OPD yang sudah tertuang dalam perencanaan dalam 10 tahun kedepan untuk lebih baik dan berkualitas,” tambahnya.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *