BERITA UTAMAMIMIKA

Wadir Monev YPMAK Resmikan Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya, Cikal Bakal Pusat Grosir di Distrik Jita

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Wadir Monev YPMAK Resmikan Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya, Cikal Bakal Pusat Grosir di Distrik Jita

Share this article
IMG 20230817 WA0031
Wadir Monev YPMAK Ihfa Karupukaro saat menggunting pita meresmikan Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya

Timika, fajarpapua.com – Wakil Direktur Monitoring dan Evakuasi (Monev) Program Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI), Nur Ihfa Karupukaro pada Rabu (16/8) meresmikan Koperasi Konsumen Jita Mandiri Jaya yang terletak di Kampung Sempan Timur. Kegiatan peresmian yang dihadiri para kepala kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama serta ratusan warga itu berlangsung meriah.

Ikut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Direktur Grant Making Yohan Wambrauw, Ketua Badan Pengawas, Yohanis Kibak, Pastor Didimus Kosi OFM, Deputi Program Onny Wiranda, Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi Billy Korwa, Tokoh Kamoro Thomas Mutaweyau, serta para staf YPMAK.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Sebagaimana disaksikan fajarpapua.com, Tim YPMAK tiba di Kampung Sempan Timur sekitar pukul 10.30 WIT. Kedatangan tim disambut meriah ratusan warga yang menunggu di dermaga.

Setelah sambutan pembukaan yang ditandai penyemburan kapur, tim menuju lokasi peresmian yang diiringi tarian panah. Di depan pintu masuk, sudah menunggu Sekretaris kampung Kanmapri Tinus Namea dan sejumlah pria dan wanita berpakaian adat lengkap. Tinus mengucapkan selamat datang kepada jajaran pembina, pimpinan dan staf YPMAK yang sudah memberi perhatian bagi warga wilayah itu.

Kegiatan peresmian ditandai doa dan pemberkatan gedung bangunan oleh Pastor Didimus Kosi OFM.

Wakil Direktur Perencanaan Program dan Monitoring YPMAK Nur Ihfa Karupukaro mengatakan,
tahun 2021 pihaknya melakukan survey dari Nakai sampai Potowayburu.

“Kami datang lihat langsung kondisi warga sini. Komitmen kita waktu itu Wacakam, Bulumen, Sumapro harus mendapat akses yang lebih mudah. Apalagi kami lihat jangkauan warga Jita ke Timika sangat jauh dan harus melewati laut yang kadang kondisinya tidak bersahabat,” ungkapnya.

Dikemukakan, kampung pertama yang disurvei yakni Distrik Jita. Fakta lapangan menunjukan harga barang yang sangat tinggi, karena jarak antara Jita dengan kota Timika sangat jauh. Hal inilah, kata Ifha yang menjadi alasan YPMAK mendirikan koperasi.

“Ini pilot proyek untuk kampung lain
Kami mohon kepada warga Jita ingat kami bangun koperasi ini untuk kalian, kami akan dampingi. Kelola dengan baik supaya koperasi ini bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, Koperasi Jita Mandiri Jaya akan menjual barang dengan harga terjangkau.

“Kalau sudah mandiri nanti kami lepas. Program kampung YPMAK bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena kami lihat sumber daya alam Jita ini luar biasa. Koperasi ini menampung hasil masyarakat untuk dibawa ke Timika. Kalau nusantara lain bisa kenapa kita tidak bisa. Kita harus bisa,” ajak Ifha.

Ia meminta pengelola koperasi bertanggungjawab serta mengontrol keuangan. Jangan sampai barang habis tapi uang tidak ada.

“Tapi saya pikir tim yang dibentuk ini sangat bagus dan tetap dikontrol YPMAK. Koperasi ini kedepan jadi pusat grosir, supaya masyarakat tidak lagi ke kota. Untuk jangkau kampung-kampung di distrik Jita. Program kampung kedepan kami lebih pada pengembangan ekonomi,” bebernya.

Lalu apa tanggapan warga ? Ikuti pemberitaan edisi selanjutnya di edisi Warga Jita Sampaikan Terima Kasih Untuk YPMAK, Janji Kelola Koperasi Secara Profesional, serta tanggapan Danramil Jita atas peresmian koperasi tersebut.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *