BERITA UTAMAPAPUAPEMILU 2024

Hadapi Pemilu 2024, Polres Asmat Kekurangan Peralatan dan Personil untuk Pengamanan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

Hadapi Pemilu 2024, Polres Asmat Kekurangan Peralatan dan Personil untuk Pengamanan

Share this article
IMG 20231018 WA0007
Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi bersama jajaran saat mengecek peralatan operasi Mantap Brata Cartenz 2023 di Halaman Mapolres Asmat, Selasa (17/10)

Asmat,fajarpapua.com – Polres Asmat memastikan kesiapannya menghadapi Pemilu 2024 dengan melakukan gelar apel pasukan dan pengecekan sarana dan prasarana serta peralatan operasi Mantap Brata Cartenz 2023/2024, Selasa (17/10).

Usai kegiatan yang dipusatkan di halaman Mapolres Asmat, Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi mengatakan konsentrasi pengamanan Pemilu 2024 nanti di 253 TPS yang tersebar di 25 Distrik.

ads

Selain itu, personil juga akan difokuskan di tempat-tempat yang terindikasi rawan konflik seperti KPU dan Bawaslu serta beberapa tempat lain yang telah dipetakan.

“Kemudian kita akan ketatkan pengamanan di Kantor KPU dan Bawaslu dan tempat dimana terindikasi agak rawan,” ucap Kapolres.

Sementara itu terkait kesiapan peralatan, sarana dan prasarana, mantan Kabid Humas Polda Papua ini mengaku masih sangat membutuhkan bantuan dari Polda Papua dan Mabes Polri.

Saat ini Polres Asmat masih sangat kekurangan peralatan maupun personil untuk menjaga seluruh TPS yang ada di 25 distrik di Kabupaten Asmat.

Sehingga diharapkannya, dalam waktu dekat pihak Polda Papua segera mengirimkan bantuan fasilitas peralatan yang dibutuhkan.

“Untuk peralatan yang ada masih kurang,” jelas Kapolres.

“Peralatan kita memang sangat terbatas. Peralatan Dalmas cuman 20 unit,” tambah Agus Hariadi.

Kapolres Asmat juga menuturkan, letak geografis dengan jarak tempuh dari satu Distrik ke Distrik lainnya di Wilayah Kabupaten Asmat ini cukup sulit dijangkau.

Selain itu lanjutnya juga dibutuhkan biaya yang besar untuk mobilisasi personil sehingga pada titik-titik tertentu yang dinilai rawan seperti Distrik Suru-suru dan lainnya pengamanan akan difokuskan di Ibukota Distrik.

“Untuk kekuatan kita hanya 169 personil untuk pengamanan. Sedangkan di Asmat terdapat 325 TPS,” katanya.

“Nanti daerah yang rawan kita akan berkoordinasi dengan KPU agar pelaksanaan dipusatkan di ibukota Distrik,” pungkas AKBP Agus Hariadi.
(jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *