PAPUA

Warga Kei di Agats Siap Menangkan Thomas Safanpo Sebagai Bupati Asmat di Pilkada 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
195
×

Warga Kei di Agats Siap Menangkan Thomas Safanpo Sebagai Bupati Asmat di Pilkada 2024

Share this article
Situasi penyambutan calon Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo oleh warga suku Kei Asmat.

Agats, fajarpapua.com – Warga masyarakat Suku Kei di Asmat, secara khusus yang berdomisili di Bintang laut dan sekitarnya menyatakan sikap mendukung Thomas Eppe Safanpo (TES) sebagai Calon Bupati Asmat periode 2024-2028.

Pernyataan sikap serta deklarasi dukungan terhadap TES ini dilakukan bersamaan dengan peresmian Posko Pemenangan TES wilayah Bintang Laut, Agats, Kamis (19/10).

ads

Pantauan fajarpapua.com di lokasi, Relawan TES Bintang Laut dan keluarga besar ‘El Bulil’ Kei dan sesepuh menjemput Thomas bersama Istri Ny. Meing Thera Safanpo di perempatan Jalan Bintang Laut dengan tarian.

Kemudian TES bersama istri diarak oleh ratusan relawan yang terdiri warga Kei dan Asmat menuju Posko yang akan diresmikan.

Selanjutnya, TES bersama istri diterima secara adat Kei. Prosesi dan ritual adat tersebut dilakukan saat penjemputan dan sebelum menggunting pita ketika hendak memasuki Posko.

Thomas Safanpo pada kesempatan itu mengaku berterima kasih karena diberikan kehormatan oleh warga Suku Kei Bintang Laut, dimana ikat kepala yang dominan warna merah simbol keberanian orang Kei disematkan di kepalanya untuk siap “berperang” melawan musuh.

“Saya diberikan penyematan tanda merah ini. Bapa Frans bilang ini tanda perang. Simbol keberanian,” ujar Thomas di hadapan para relawan dan sejumlah tokoh sentral PDI Perjuangan.

Pernyataan sikap dukungan terhadap TES oleh warga Suku Kei Bintang Laut Agats dilakukan bukan tanpa alasan, karir dan pengalamannya yang telah teruji baik di legislatif maupun pemerintahan selama dua periode menjadi point’ penting.

“Kami mendukung penuh Bapak TES sebagai Calon Bupati Asmat Periode 2024-2029 karena teruji dan berpengalaman menjadi DPR dan Wakil Bupati Asmat selama dua periode,” ucap perwakilan warga Kei Agats dalam pernyataan sikap dukungan terhadap TES.

Sementara itu, Ketua Rumpun Keluarga Besar “El Bulil” Kei Asmat, Fransiskus H. mengatakan dukungan penuh warga Kei kepada TES bermula dari inisiasi anak-anak muda yang terorganisir dengan baik oleh Ketua Relawan TES Kabupaten Asmat Donatus Pombai.

Karena itu, ia mengajak para keluarga suku Kei di Kabupaten Asmat untuk bersatu mendukung dan memenangkan Thomas pada Pilkada 2024 mendatang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Suku Kei Kabupaten Asmat Yanuarius Siloeboen yang juga merupakan Anggota DPRD Fraksi Golkar Kabupaten Asmat dan sejumlah Anggota DPRD Asmat dari Fraksi PDI Perjuangan. (jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *