PAPUA

TNI Peduli Bencana Kelaparan, Salurkan Bantuan Kemensos Bagi Masyarakat Amume Yahukimo

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
17
×

TNI Peduli Bencana Kelaparan, Salurkan Bantuan Kemensos Bagi Masyarakat Amume Yahukimo

Share this article
Penyaluran bantuan bencana di Yahukimo.

Jayapura, fajarpapua.com- Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sebanyak 11.524 Kg kepada masyarakat Amume korban bencana kelaparan di Kabupaten Yahukimo.

Bantuan Kemensos tersebut tiba di Base Ops Lanud Silas Papare pada Sabtu (21/10/2023) menggunakan pesawat TNI.

ads

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan bantuan yang diangkut pesawat TNI itu terdiri dari 53 item, antara lain Sembako, makanan anak, tenda, selimut, kasur, lampu, alat mandi, obat-obatan, susu, mintak goreng, bawang dan lain sebagainya.

“Adapun bantuan yang disalurkan berupa Beras, Mie Instan, Sarden, Buskuit Milna, makanan anak, selimut, tenda gulung, makanan bayi secara bertahap 4 kali penerbangan dan berkat kerjasama yang baik, bantuan ini diterima oleh Pdt. Welem Payage selaku Klasis Kingmi Amume,”kata Pangdam.

Ia mengungkapkan masyarakat yang terdampak bencana ini harus secepatnya mendapat bantuan, sehingga TNI akan memaksimalkan segala upaya agar secepatnya bantuan tiba di lokasi bencana.

“Semua ini disinergikan dengan semua pihak, baik Pemda, Kementerian terkait dan para Tokoh agar masyarakat cepat tertolong, dan dapat beraktivitas kembali normal,” ungkap Pangdam.

Pendistribusian akan menggunakan pesawat dan diatur oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura. “Mohon doa dan dukungannya, agar masyarakat yang terkena musibah bencana ini cepat tertolong dan bantuan diterima dengan cepat oleh masyarakat,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Izak mengungkapkan, curah hujan yang tinggi mengakibatkan tanah longsor dan gagal panen menyebabkan bencana kelaparan di Distrik Amume Kabupaten Yahukimo. Oleh karenanya, sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu menyalurkan logistik dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Untuk memaksimalkan penanggulangan bencana kelaparan ini pada 19 Oktober 2023 telah digelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengiriman bantuan Kemensos yang dihadiri Staf Kemensos RI, TNI dari Dansatgas Udara, Dandim 1715/Yahukimo, Puspen TNI, Paban II Operasi Koopsudnas dan Pabandya-2/Daloksdagri, yang beragendakan proses pengangkutan logistik dari Jakarta-Jayapura, penjadwalan, pembahasan teknis dan operasional.

Sebelumnya diberitakan, curah hujan yang tinggi mengakibatkan tanah longsor dan gagal panen menyebabkan bencana kelaparan di Distrik Amume, Kabupaten Yahukimo. Oleh karenanya, sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu menyalurkan logistik dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) bagi masyarakat di wilayah tersebut.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *