BERITA UTAMAMIMIKA

Pengaruhi Kualitas Ternak, Disnakeswan Mimika Tidak Sarankan Peternak Beri Pakan Sisa Rumah Tangga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
1216
×

Pengaruhi Kualitas Ternak, Disnakeswan Mimika Tidak Sarankan Peternak Beri Pakan Sisa Rumah Tangga

Share this article
IMG 20231117 WA0016
Tampak warga yang sedang mengambil pakan dari sisa rumah tangga di salah satu TPS yang ada di kota Timika.

Ads

Timika, fajarpapua.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Mimika tidak menyarankan peternak memberi pakan dari sisa rumah tangga yang diambil di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kepala Disnakeswan drh Sabelina Fitriani saat ditemui di Jalan Budi Utomo, Kamis (16/11) mengatakan, pakan yang diambil dari TPS mempunyai resiko tinggi bagi kesehatan manusia dan mengurangi kualitas daging babi.

“Dari TPS kan bercampur kotoran dari sisi peternak itukan tidak sehat ya. Selanjutnya untuk kualitas daging babinya juga berkurang, kemudian untuk konsumen juga mempengaruhi kesehatan karena ternak dikasih makan sampah ya,”tuturnya.

Ia mengakui memang harga pakan pabrik mahal, tetapi pihaknyae mengupayakan pakan alternatif yang sedikit lebih murah dan sudah diuji coba.

“Pakan alternatif yang kami siapkan ini memang berbeda ya dari pakan pabrik, kalau pakan pabrik lebih cepat panen. Tetapi pakan alternatif ini lebih baik dan lebih sehat dari pada pakan yang diambil dari sampah,”ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya Dinas Peternakan dan kesehatan hewan (Disnakeswan) siapkan pakan alternatif yang agak murah. formula pakan tersebut terdiri dari konsentrat, tepung jagung, tepung ikan dedak dan lain sebagainya.

Selain meringankan beban peternak karena harga pakan pabrik sangat mahal, pakan alternatif ini juga mengurangi penggunaan pakan aisa rumah tangga yang diambil di tempat sampah karena mempengaruhi kesehatan manusia dan kualitas daging babi.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *