BERITA UTAMAMIMIKA

Basarnas Timika Mulai Laksanakan Siaga SAR Khusus Nataru 2023

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
42
×

Basarnas Timika Mulai Laksanakan Siaga SAR Khusus Nataru 2023

Share this article
IMG 20231218 WA0047
Suasana apel gelar pasukan personil menandai dimulainya siaga SAR Khusus Nataru 2023.

ads

Timika, fajarpapua.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika mulai hari ini mulai melaksanakan siaga SAR Khusus Nataru 2023. Kegiatan itu direncanakan akan dilaksanakan selama 21 hari, sejak 18 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Pembukaan Siaga SAR Khusus Nataru 2023 diawali apel gelar pasukan personil Rescuer yang melaksanakan siaga serta pembacaan amanat Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan oleh Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery, S.E. selaku pembina apel.

Dalam sambutan dikatakan, berdasarkan survey Kementerian Perhubungan diperkirakan terdapat pergerakan warga sebanyak 107,63 juta orang yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan baik mudik ke kampung halaman maupun liburan ke lokasi wisata dengan menggunakan moda transportasi laut, darat, dan udara.

Mengacu ke prakiraan cuaca BMKG, wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, tanah longsor, kecelakaan kapal laut akibat gelombang tinggi, dan badai tropis.

Disamping itu juga terdapat potensi bencana geologi yang perlu diwaspadai seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi yang dapat memicu tsunami.

Data operasi SAR tahun ini sampai dengan bulan November menunjukkan bahwa frekuensi operasi SAR cukup tinggi terutama di wilayah perairan.

“Kondisi tersebut diatas mengharuskan kita untuk memelihara kesiapsiagaan penuh dan perlu secara khusus memonitor jalur transportasi dan lokasi wisata/pendakian yang padat dengan aktivitas warga dan pengunjung yang akan merayakan Natal dan Tahun baru. Oleh karena itu, agar tim siaga ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis untuk memonitor angkutan laut dan pelabuhan penyeberangan serta tempat-tempat wisata dan pendakian,”katanya.

Setelah selesai melaksanakan apel gelar pasukan selanjutnya Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika secara simbolis melepas konvoi kendaraan operasional Siaga SAR Khusus Nataru tanda telah dimulainya pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru 2023.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *