BERITA UTAMAJayapura

Hari Pertama Sortir dan Lipat, KPU Kabupaten Jayapura Temukan 8 Surat Suara Rusak

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Hari Pertama Sortir dan Lipat, KPU Kabupaten Jayapura Temukan 8 Surat Suara Rusak

Share this article
IMG 20240111 WA0060
sejumlah petugas saat melakukan pelipatan surat suara pemilu Presiden dan DPD RI di KPU Kabupaten Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com- KPU Kabupaten Jayapura temukan delapan lembar surat suara rusak pada hari pertama sortir dan lipat surat suara Pilpres dan DPD RI, pada Kamis (11/1).

Sekretaris KPU Kabupaten Jayapura, Johny F. Saman mengatakan terdapat 8 surat suara pada hari pertama sortir dan lipat surat suara di Gudang KPU Kabupaten Jayapura.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Dari 85.755 surat suara yang sudah kami sortir dan lipat pada sesi pertama ada 8 surat suara ruask, terdiri dari 4 surat suara rusak dan 4 yang cacat,”ucap Johny kepada wartawan di komplek Puspenk.

Dirinya menuturkan, saat ini surat suara yang rusak itu masih dikumpulkan hingga selesai tahapan sortir dan lipat. Dari 70 koli surat suara yang diterima, 15 koli sudah selesai dilakukan sortir dan lipat dengan melibatkan 100 orang petugas dari masyarakat.

“Sudah sempat ada 42 kotak yang kami keluarkan dari tempat penyimpanan, namun yang sudah selesai sortir dan lipat baru 15 kotak, sedangkan 13 kotak lainnya belum selesai dan akan dilanjutkan Jumat (12/1) besok,”ujarnya.

Johny menjelaskan, untuk satu kotak terdapat 2000 surat suara, namun dalam satu kotak hanya berisikan 1.519 sehingga total surat suara tidak sama dengan kotak yang lainnya.

“Jumlah dalam satu kotak surat suara isinya tidak sama, ada yang kurang dan ada yang lebih sehingga terjadi kelebihan 236 surat suara,”katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, delapan surat suara yang rusak ini ada yang pelipatanya sobek, tetempel dengan lakban bening, tertimpa bahan tinta dan lainnya.”Saya berharap surat suara Pemilu ini tidak ada yang kurang,”tuturnya.

Johny menambahkan, KPU yang sudah melakukan sortir dan lipat surat suara yaitu Sarmi, Keerom, Kota Jayaura, Kabupaten Jayapura, sedangkan sisanya baru dikirim logistik pemilunya, sehingga kami selangkah lebih maju dari daerah tersebut.

Kemudian lanjut Johny, surat suara yang sudah di sortir dan lipat saat ini masih disimpan di Gudang KPU Kabupaten Jayapura untuk nanti selanjutnya dilakukan penghitungan ulang.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *