BERITA UTAMAMIMIKA

Berkat KPU Go To School and Campus, KPU Mimika Yakin Banyak Pemilih Pemula Salurkan Hak Suaranya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
43
×

Berkat KPU Go To School and Campus, KPU Mimika Yakin Banyak Pemilih Pemula Salurkan Hak Suaranya

Share this article
IMG 20240201 WA0011
Persyaratan pemilih muda

Timika, fajarpapua.com- Menjelang pencoblosan suara Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah terus berupaya melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula.

Bahkan lembaga penyelenggara Pemilu tersebut yakin 60 persen pemilih pemula akan menyalurkan hak suaranya alias tidak Golput.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Mimika Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat Fidelis Piligame kepada sejumlah media di Timika, Rabu kemarin

Dikatakan, KPU Mimika memastikan partisipasi tingginya partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024 itu dari respons saat sosialisasi ke sekolah dan perguruan tinggi di Timika.

“Kami yakini bahwa pemilih pemula yang mendapatkan sosialisasi akan menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bertanggung jawab,” katanya.

Menurut Fidelis, pemilih yang berusia 17 tahun atau siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII, disebut pemula karena belum pernah mengikuti pencoblosan.

“Ini merupakan tahun pertama bagi para pemilih pemula untuk berpartisipasi pada Pemilu 14 Februari 2024,” ujarnya.

Dia menjelaskan KPU Mimika melakukan program sosialisasi yang diberi nama KPU Go To School and Campus dengan menyasar ke SMA/SMK dan perguruan tinggi di Timika.

“Saat ini anak-anak muda sudah paham bahwa suara mereka sangat berarti untuk membawa perubahan bagi Kabupaten Mimika, kalau golput maka nasib mereka juga ditentukan oleh orang lain,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya terus melakukan pemutakhiran data yang telah berlangsung sejak 2020 hingga pertengahan 2023.

“Tercatat pemilih pemula yang akan mengikuti serta menyumbang suaranya pada 14 Februari 2024 yakni sebanyak 60 persen, dan sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya lagi. (an)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *