BERITA UTAMAMIMIKA

Tahun 2023, Bagian SDM Setda Mimika Gelontorkan Rp 10,8 Miliar Bantuan Pendidikan untuk 800 Mahasiswa

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
911
×

Tahun 2023, Bagian SDM Setda Mimika Gelontorkan Rp 10,8 Miliar Bantuan Pendidikan untuk 800 Mahasiswa

Share this article
caaf314b 33b9 4d9d a9d1 205df6ddadee
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Setda Kabupaten Mimika Marthinus J Nuboba

Timika, fajarpapua com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Kabupaten Mimika pada Tahun 2023 menggelontorkan anggaran Rp 10,8 Miliar untuk bantuan pendidikan

Dana bantuan pendidikan sebesar itu diberikan kepada 800 mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

ads

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Setda Kabupaten Mimika Marthinus J Nuboba mengatakan bantuan pendidikan tersebut diberikan setahun sekali.

“Kami sudah memberikan beasiswa atau bantuan pendidikan setahun sekali, bagi 800 mahasiswa di dalam negeri dan luar negeri,” katanya.

Menurut Marthinus, anggaran yang dikeluarkan pada Tahun 2023 untuk pemberian bantuan pendidikan diambil dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp 10 miliar dan Dana Bagi Hasil (DBH) Rp 800 juta.

“Yang jelas untuk Dana Otsus diberikan bagi OAP asal dua suku yakni Amugme dan Kamoro, sedangkan Dana Bagi Hasil diberikan kepada lima suku kekerabatan,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan biaya pendidikan, pihaknya juga melakukan perbaikan gedung asrama mahasiswa di Bandung dan Manado.

“Kami telah selesai memperbaiki Asrama Mimika di Bandung dan Manado, dan mahasiswa juga sudah tinggal di sana. ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Mimika terhadap pendidikan OAP,” katanya.

Dia menambahkan pendidikan merupakan bagian penting bagi generasi masa depan Papua. Untuk itu Pemkab Mimika memberikan perhatian penuh terhadap dunia pendidikan.

“Bagi anak-anak asli Papua dari Kabupaten Mimika, kami imbau agar belajar dengan tekun agar kelak dapat kembali untuk membangun daerah sendiri dengan modal ilmu yang diterima selama menempuh pendidikan di luar daerah dan luar negeri,” ujarnya. (red)

Response (1)

  1. Syalom selamat siang, saya mahasiswa dari STT Jaffray jakarta Menyampaikan bahwa Pemkab mimika Jangan hanya mengeluarkan Dana bantuan untuk mahasiswa Di Kota studi, kalau bisa Tim pemkab mimika Kunjungi setiap kota studi dan lihat bahwa apakah mereka Kuliah dengan baik atau tidak. karena saya lihat tidak ada mahasiswa yang benar-benar kuliah tapi hanya pakai dana itu untuk minum mabuk dan berfoya-foya di Kota Studi. demikian dari saya, mohon maaf kalau ada kata-kata yang tidak menyenangkan hati. kiranya Tuhan Yesus memberkati Tuhan Yesus. memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *