BERITA UTAMAJayapura

Lanud Silas Papare Gelar Car Free Day Ramadhan 1445 Hijriah Hadirkan UMKM di Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
20
×

Lanud Silas Papare Gelar Car Free Day Ramadhan 1445 Hijriah Hadirkan UMKM di Jayapura

Share this article
IMG 20240317 WA0031
Komandan Lanud Silas Papare saat membeli produk UMKM

Jayapura, fajarpapua.com-Pangkalan TNI AU Lanud Silas Papare memfasilitasi pelaku UMKM untuk menjual produk makanan dan minuman di seputaran lapangan Venue Rugbi PON XX yang dikemas dalam Car Free Day Ramadhan 1445 Hijriah.

“Alasan kami membuka Car Free Day Ramadhan di Venue Rugbi PON XX, melihat pelaksanaan car free day yang digelar tiap Sabtu pagi yang banyak diminati masyarakat. Ini juga sebagai bentuk pendekatan TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Sentani dan Jayapura di bulan suci Ramadhan,”kata Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Minggu (17/3/2024).

ads

Dikatakan Danlanud, tiap Sabtu ada puluhan pelaku UMKM yang datang berjualan di lokasi Venue Rugby tersebut. Dengan dibukanya tempat keramaian baru memfasilitasi pelaku usaha kuliner selama bulan Ramadhan, lanjut dia, diharapkan produk makanan dan minuman ataupun kuliner lainnya bisa menjaga pertumbuhan ekonomi masyarakat di Jayapura.

“Kami menginginkan ada pusat keramaian baru tempat berkumpul masyarakat sekaligus menjadi pusat ekonomi baru bagi masyarakat Jayapura, khususnya pada bulan Ramadhan,”ujar Gilang.

Dia menyebutkan, sebanyak 40 pelaku usaha kuliner yang berjualan di Venue Rugbi Lanud Silas Papare Jayapura. Ini menjadi lokasi berkumpul masyarakat Jayapura menjelang berbuka puasa, mulai dari berolahraga, lokasi silahturahmi, hingga menikmati berbagai jajanan dari para UMKM yang berjualan di lokasi itu.

Danlanud menambahkan, kehadiran TNI AU juga memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga dari potensi fasilitas yang ada di Lanud juga bisa dimanfaatkan untuk ekonomi dengan membuat area terbatas di venue tempat berolahraga dan UMKM berjualan.

Sementara itu, Paijo salah satu penjual pentolan bakso menyampaikan terima kasih kepada TNI AU yang telah memberikan mereka tempat berjualan. “Lokasi ini jadi daya tarik bagi UMKM, untuk dapat berjualan di bulan puasa saat ini. Kami pedagang sangat bersyukur dengan diadakan Car Free Day Ramadhan Fair sangat membantu para UMKM meningkatkan pendapat ekonomi di bulan suci Ramadhan.

“Kalau pagi berkurang, tapi kalau selesai ashar itu ramai sekali, tentu bulan ramadhan ini bisa menambah omset bagi kami UMKM,” ucapnya.

Kemudian juga Irman, UMKM Sa Coffee Truk, yang sangat mengapresiasi dengan dilibatkan para UMKM di lokasi Car Free day Ramadhan Fair ini, tentunya menjadi potensi untuk masyarakat berkumpul dan menikmati setiap jajanan dari para UMKM yang terlibat.

“Memangkan di Sentani minim event, dan ini banyak masyarakat yang menantikan, jadi dengan ini juga jadi peluang bagi UMKM untuk berjualan,”ucap Irman.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *