BERITA UTAMAMIMIKA

Jelang Paskah dan Hari Raya Idul Fitri, Loka Pom Mimika Waspadai Peredaran Barang Tidak Layak Konsumsi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
62
×

Jelang Paskah dan Hari Raya Idul Fitri, Loka Pom Mimika Waspadai Peredaran Barang Tidak Layak Konsumsi

Share this article
IMG 20240320 WA0035
Kepala Loka Pom Timika bersama Tim Dinkes Mimika saat melakukan pengawasan disalah satu distributor.

ads

Timika, fajarpapua.com – Loka Pom Mimika pada Rabu (20/3) kembali melakukan pengawasan di beberapa distributor bahan makanan kemasan yang ada di Kabupaten Mimika.

Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya bahan makanan tidak layak konsumsi menjelang perayaan Hari Raya Paskah dan Idul Fitri 1445 H.

Pengawasan terhadap bahan makanan kemasan ini dilakukan sejak 8 Maret 2024 dan akan berakhir pada 17 April 2024 mendatang.

Sejak awal dilakukan kegiatan, Tim Loka Pom dan Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika sudah mengawasi 9 distributor yang ada di daerah ini.

Kepala Loka Pom Mimika, Marselino F. Pasadea menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya temuan bahan pangan rusak, kadaluwarsa, atau pangan tanpa ijin edar.

” Puji Tuhan, sampai saat ini belum ada temuan sejak kami melakukan kegiatan pengawasan, dan kami berharap trend positif serta kesadaran dari para distributor ini terus dijaga,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan, Rabu ( 20/3).

Dirinya juga mengaharapkan agar masyarakat jauh lebih cerdas dalam memilih bahan makanan, selalau melakukan cek kemasan, cek lebel, cek ijin edar, dan cek kadaluwarsa.

“Saya percaya masyarakat kita sudah lebih cerdas, dan paham, serta selalu mengecek bahan makanan yang dikonsumsi sehingga ketika di konsumsi bahan makanan tersebut baik dan sehat,” jelasnya

Ia juga berpesan bagi pelaku usaha, dalam melakukan kegiatan pendistribusian tidak semata-mata hanya mencari keuntungan tapi memperhatikan kualitas produk.

” Jadi kami harap para pelaku harus bisa menjamin, prduk yang didistribusikan itu produk yang bermutu, bermanfaat, dan layak untuk dikonsumsi bagi masyarakat,” ujarnya

“Kalau tahun lalu ada ya, tapi selama kegiatan ini kami belum menemukan adanya bahan pangan makanan yang rusak atau sudah tidak layak dikonsumsi, semoga trend postif ini semakin lama semakin baik sehingga masyarakat di kabupaten Mimika ini dapat menjalankan ibadah puasa maupun masa Paskah ini dengan baik,” Harapnya

Marten selaku perwakilan Dinas Kesehatan dirinya mengatakan pihaknya terus melakukan pendampingan bersama Loka Pom sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik.

” Kami disini bersifat mendampingi sehingga, kita juga bisa melihat langsung bagaimana kondisi pangan yang akan dikonsumsi masyarakat dan sejauh ini sudah berjalan dengan baik semoga masyarakat maupun pelaku usaha terus menjaga dan melihat kualitas pangan yang akan dikonsumsi,” tutupnya. (moa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *