BERITA UTAMAJayapura

Selama Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Jayapura Tetap Layani Peserta JKN di Rumah Sakit

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Selama Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Jayapura Tetap Layani Peserta JKN di Rumah Sakit

Share this article
IMG 20240322 WA0035
Kepala Cabang BPJS Jayapura saat memberikan keterangan

Jayapura, fajarpapua.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jayapura menyatakan berkomitmen untuk memudahkan masyarakat peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan selama libur Lebaran 2024.

BPJS juga memastikan pelaksanaan pelayanan peserta JKN akan tetap berjalan dengan baik, pada libur Lebaran ini, yang akan berlangsung mulai tanggal 8 April hingga 15 April 2024.

ads

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase menyebutkan, komitmen pelayanan jaminan pada masyarakat ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

“Kami BPJS komitmen dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi masyarakat peserta JKN. Bagi peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan,”kata Deny kepada wartawan, Jumat (22/3/2024).

Lanjut Deny, pihaknya dari BPJS Kesehatan Cabang Jayapura di masa cuti bersama libur Lebaran 2024, dipastikan akan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta JKN, baik itu pelayanan informasi, pengaduan, keluhan, dan berbagai hal yang terkait dengan pelayanan JKN, baik itu secara online maupun offline.

“Untuk layanan offline di kantor cabang BPJS akan dilakukan mulai pukul 08 hingga pukul 12 WIT. Sedangkan untuk layanan online melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilakukan mulai 08.00 hingga 12.00 WIB atau pukul 14 WIT,”ucap Deny.

Ia mengungkapkan, bahwa peserta JKN juga bisa memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN yang tentu akan lebih mudah diakses hanya melalui ponsel masing masing peserta JKN.

Sementara untuk pelayanan peserta JKN di rumah sakit, dilakukan secara on the spot, yaitu petugas akan mendatangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan apabila ada aduan ataupun keluhan dari peserta JKN, untuk selanjutnya berkoordinasi dengan manajemen rumah sakit, terkait dengan penyelesaian masalah ataupun aduan tersebut.

“Jadi selama libur Lebaran pelayanan kita bersifat on the spot, yaitu petugas akan datang ke rumah sakit apabila ada keluhan dari masyarakat. Di rumah sakit pun sudah ada petugas dari  manajemen Rumah Sakit setempat yang akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan pada peserta, sehingga apabila ada masalah bisa langsung di tangan sesuai dengan kebutuhan dari peserta JKN,”pungkasnya.

BPJS Kesehatan Cabang Jayapura akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagai para peserta JKN, mulai dari pelayanan di faskes tingkat pertama maupun ke faskes rujukan, dan di masa libur Lebaran 2024.

“Kalau ada peserta JKN yang membutuhkan layanan kesehatan yang bersifat gawat darurat, mereka bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, dengan membawa kartu identitasnya agar mudah diproses administrasinya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *